VPS Windows Pengertian dan Fungsinya

VPS Windows Pengertian dan Fungsinya – Seringkali Anda mendengar istilah windows di operasi komputer. Lalu, ada istilah yang sama di VPS yang dinamakan dengan VPS Windows. VPS sendiri adalah Virtual Private Server yang merupakan layanan server virtual untuk penyimpanan website.

Sedangkan VPS jenis Windows adalah jenis yang khusus dioperasikan di sistem operasi Windows. Dengan adanya layanan khusus ini, performa website bagi pengguna Windows akan lebih unggul dan cepat.

Read More

VPS Windows Pengertian dan Fungsinya

Pengertian VPS Windows

VPS Windows adalah salah satu jenis server yang berguna untuk menyimpan seluruh file dan database website. Server ini diperuntukkan khusus Windows. VPS digunakan untuk perusahaan yang membutuhkan sumber daya besar untuk websitenya.

Umumnya, banyak website yang dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga memerlukan adanya VPS Windows. VPS ini akan menyimpan Disk Space, RAM, dan CPU yang memungkinkan website berjalan dengan lebih cepat dan stabil.

Dengan adanya VPS Windows, banyaknya pengunjung yang ada di website Anda tidak akan mempengaruhi kinerja website menjadi lebih lambat. Oleh sebab itu, VPS ini akan cocok digunakan bagi website yang memiliki trafik tinggi.

Fungsi VPS Windows

Fungsi Windows VPS adalah sebagai berikut:

1. Hosting Website

Hosting website adalah tempat penyimpanan data seluruh website sehingga VPS ini juga sering dipakai untuk hosting website. Kelebihan dari hosting dari Windows VPS adalah bebas mengatur server website dengan baik.

Selain itu, hosting Indonesia ini juga mendukung fitur-fitur yang memudahkan penggunanya dalam menjalankan website. Contoh fitur yang dimiliki oleh penyedia layanan Niagahoster tersebut adalah sebagai berikut:

  • NET: framework yang membuat aplikasi website.
  • Internet Information Service (ISS): merupakan web server untuk keperluan hosting atau aplikasi yang dibutuhkan website.

2. Active Directory

Active Directory Domain Service (ADDS) merupakan layanan yang membuat user mengelola jaringan menjadi terpusat. Misalnya, mengatur username, password, nomor Hp, dll yang biasanya muncul saat melakukan login.

Perusahaan tersebut yang nantinya akan mempertimbangkan apakah perlu adanya akses login ke website tersebut. Dengan adanya ADDS akan membantu untuk mengelola banyak data dari pengunjung yang sudah login.

Jadi, Anda tidak perlu mengganti password akun untuk ratusan perangkat satu per satu sehingga penggunaan ADDS lebih efisien karena hanya dengan satu klik semua data berhasil dikelola.

3. Server Database

Server database merupakan server yang dipakai untuk mengelola data serta sebagai tempat penyimpanan. Adanya server database akan membuat proses identifikasi data lebih cepat.

Selain itu, kontrol data menggunakan sistem terpusat sehingga data menjadi lebih aman. Dengan server database yang ada di Windows VPS akan membuat banyak perusahaan besar yang memanfaatkannya.

Di dalam Windows VPS ada dua jenis sistem manajemen yang digunakan sebagai database, yaitu:

  • Microsoft SQL: sistem yang dikembangkan Microsoft yang mendukung berbagai program seperti Java, Ruby, Visual Basic, Delphi, bahasa program, dan R. Sistem ini didapat secara berbayar dan tidak gratis.
  • MYSQL: sistem manajemen basis data yang diberikan secara gratis. Sistem ini dibuat oleh Oracle yang berfungsi untuk mendukung beberapa fitur seperti Perl, Hasket, Tcl, dsb.

4. Server Backup

Fungsi lain dari Windows VPS yaitu sebagai server backup. Sesuai dengan namanya, server ini dapat dijadikan tempat pencadangan data dari perangkat. Dengan begitu, data tidak hilang begitu saja.

Cara kerja server backup ini sama halnya dengan Google Drive. Jadi, Anda perlu memilih data mana yang ingin disimpan.

Kemudian, lakukan pengunggahan data agar bisa tersimpan di server. Dengan demikian, saat perangkat perlu dihapus atau perlu direset yang beresiko kehilangan data, server tersebut bisa memulihkan data sehingga lebih aman.

Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui bahwa server backup memerlukan sumber daya dibandingkan dengan aplikasi backup pada umumnya.

Namun, server backup pada VPS menjadi pilihan yang tepat karena mampu mengembalikan data dengan cepat, prosesnya juga berjalan secara otomatis. Selain itu, server backup membuatnya  bebas melakukan pengaturan durasi.

Serta hal yang paling utama tentu saja adalah meningkatkan keamanan data menjadi lebih baik karena fiturnya yang mencadangkan data.

5. Remote Desktop

Fungsi terakhir dari Windows VPS adalah adanya remote desktop yang membuat koneksi atau sambungan dengan server menjadi lebih mudah dan praktis. Hal ini karena remote desktop memungkinkan Anda mengatur website dimana pun dan kapan pun.

Manfaat lainnya dari remote desktop adalah dapat mentransfer data dari perangkat komputer ke server. Data yang ditransfer otomatis sudah terenkripsi sehingga lebih aman dari tindakan pencurian data yang dilakukan oleh peretas.

Adanya Remote Desktop ini juga berguna untuk berbagai hal lainnya yaitu:

  • Memberikan akses internet yang cepat.
  • Proses download dan upload menjadi lebih mudah.
  • Aplikasi yang berjalan tidak akan berhenti selama 24 jam penuh.
  • Dapat mengubah dan menambahkan pengaturan server sesuai keinginan Anda.

Kesimpulan

Windows VPS memberikan kemudahan dan performa yang baik untuk website. Manfaat VPS yang sangat banyak ini dapat digunakan untuk website Anda. VPS murah Indonesia dapat dibeli melalui Niagahoster yang memiliki KVM berkualitas yang bisa menangani traffic tinggi.

Adblock test (Why?)

Related posts