Tema Hari Guru Nasional HGN Tahun 2022 dan Maknanya

Tema Hari Guru Nasional HGN Tahun 2022 dan Maknanya

Read More

Amongguru.com. Tema menjadi bagian penting dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022. Tema HGN Tahun 2022 selanjutnya dapat digunakan pada berbagai materi publikasi dalam rangka memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2022.

Seluruh Guru di Indonesia kembali akan memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November 2022 mendatang. Penetapan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ini berdasarkan pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Di dalam Keputusan Presiden tersebut dijelaskan bahwa guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Peran guru dibutuhkan khususnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan juga Hari Ulang Tahun PGRI sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen juga menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Baca : Sejarah Dibalik Peringatan Hari Guru Nasional Tanggal 25 November

Tema Hari Guru Nasional 2022 adalah “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar.” Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM.

Hal ini senada dengan tujuan Kemendikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Di dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, 25 November 2022 dan merealisasikan Tema Hari Guru Nasional 2022, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mengadakan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Apresiasi bagi guru dan tenaga kependidikan ini menjadi upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif dalam kerangka Merdeka Belajar.

Untuk mendaftar dalam Apresiasi GTK ini peserta diwajibkan memiliki akun belajar.id dan mengunggah karyanya dalam Platform Merdeka Mengajar.

Peserta yang dapat mengikuti Apresiasi GTK ini adalah semua guru dan tenaga kependidikan di bawah binaan Kemendikbudristek yang memiliki akun belajar.id.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Apresiasi GTK Inspiratif 2022 tersebut adalah terpilihnya GTK Inspiratif dalam menerapkan merdeka belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik sebagai bentuk apresiasi.

Selain itu, hasil dari Apresiasi GTK Inspiratif ini juga agar dapat tersedia model-model penerapan merdeka belajar dan model kepemimpinan yang mewujudkan program dan kebijakan merdeka belajar, khususnya pembelajaran berdiferensiasi yang akan menjadi inspirasi bagi GTK lainnya.

Informasi selengkapnya mengenai Apreasi GTK Inspiratif Tahun 2022 dapat di unduh di sini.

Adblock test (Why?)

Related posts