Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Read More

Amongguru.com. Susunan Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2022 telah diterbitkan sebagai acuan rangkaian pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022.

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 tercantum dalam Pedoman Pelaksanaan Hari Pahlawan Tahun 2022.

Bangsa Indonesia kembali akan memperingati Hari Pahlawan di tahun 2022 ini. Pada tahun 2022 ini, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang ke-77.

Tema besar yang diusung pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah Pahlawanku Teladanku. Puncak peringatan Hari Pahlawan ke-76 adalah pada hari Kamis, 10 November 2022 yang ditandai dengan acara seremonial, yaitu Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022.

Sifat upacara Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan. Upacara bendera dilaksanakan pada hari Kamis, 10 November 2022 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka atau menyesuaikan.

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan dilatarbelakangi atas kejadian Pertempuran Surabaya pada tanggal dan bulan yang sama tahun 1945.

Sejarah Hari Pahlawan ditandai dengan pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda dan Sekutunya pada tanggal 10 November 1945.

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah sebuah simbol kekuatan dan perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh tentara Britania Raya dan Belanda tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan sebagai negara.

Atas kesenonohan penjajah yang tidak menghormati kedudukan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maka para pahlawan kita bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia untuk memukul mundur penjajah dengan menyuarakan penolakan atas invasi yang dilakukan pasukan penjajah di tanah Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia

Sebuah peristiwa yang terkenal pada Pertempuran Surabaya diantaranya adalah pidato Bung Tomo yang menggetarkan “Merdeka atau Mati”.

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Baca : Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Maknanya Bagi Generasi Muda

Kementerian Sosial RI mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk memperingati dan menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan negara kita melalui peringatan Hari Pahlawan.

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Berikut ini adalah susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022.

1. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

2. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

3. Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

4. Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.

5. Pembacaan Pancasila.

6. Pembacaan Pembukaan UUD’45.

7. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).

8. Amanat Pembina Upacara.

9. Pembacaan Do’a.

10. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

11. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

12. Upacara selesai.

Catatan :

Apabila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka, pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang. Namun pokok-pokok acara lainnya wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Baca : Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022

Demikian susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts