Susunan Upacara Bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Susunan Upacara Bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Read More

Amongguru.com. Upacara bendera menjadi acara puncak dari serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2022 tidak hanya akan digelar oleh instansi pemerintah maupun BUMN saja.

Seluruh elemen masyarakat juga turut serta memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut. Tujuan pelaksanaan upacara bendera ini tidak lain agar masyarakat dapat merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada.

Dasar-dasar negara yang menuntun kita untik bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Di dalam Pedoman Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Menteri Sekretaris Negara, disampaikan bahwa untuk tingkat pusat, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka Jakarta secara luring dan daring.

Sedangkan di luar negeri, Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dilaksanakan secara luring dan/atau daring di Kantor Perwakilan RI di luar negeri.

Karena masih dalam kondisi pandemi, maka upacara bendera peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca : Syarat dan Alur Proses Pendaftaran Upacara Daring HUT Ke-77 Kemerdekaan RI 2022

Pada tanggal 17 Agustus 2022, segenap masyarakat Indonesia dihimbau menghentikan aktivitasnya sejenak, untuk berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah, pada saat pengibaran Bendera Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Susunan Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Susunan Upacara Bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 sebenarnya hampir sama dengan susunan upacara bendera secara rutin.

Panitia upacara dapat mengembangkan sendiri susunan upacara bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang diinginkan.

Susunan upacara bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 sekurang-kurangnya terdiri atas:

1. pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

2. pembina upacara tiba di tempat upacara;

3. penghormatan kepada pembina upacara;

4. laporan pemimpin upacara;

5. pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;

6. mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;

7. pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;

8. pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

9. pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan

Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada);

10. amanat pembina upacara;

11. pembacaan do’a *);

12. laporan pemimpin upacara;

13. penghormatan kepada pembina upacara;

14. pembina upacara meninggalkan mimbar upacara; dan

15. upacara selesai, barisan dibubarkan.

Catatan:

*) : Sebelum pembacaan doa, diharapkan agar petugas pembaca doa menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam, dan mempersilakan kepada peserta upacara yang tidak beragama Islam untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Berikut ini teks Proklamasi, Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, dan Pancasilasebagai kelengkapan yang harus dibaca dalam pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

1. Teks Proklamasi 

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45
Atas nama bangsa Indonesia,


Soekarno/Hatta

2. Teks Pancasila 

PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonsia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh khikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Teks Pembukaan UUD 1945

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

P e m b u k a a n 

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. 

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

3. Instrumen Lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta

Instrumen Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 

Instrumen Lagu Mengheningkan Cipta

Demikian susunan Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts