Soal UAS THE Pendidikan Seni di SD (PDGK4207) dan Pembahasan

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini Osnipa akan membahas Soal UAS THE Pendidikan Seni di SD (PDGK4207) dan Pembahasan.

Read More

Soal UAS THE Pendidikan Seni di SD (PDGK4207) dan Pembahasan

1. Pak Made merupakan seorang pengrajin patung yang terkenal di Pulau Bali. Patung karya Pak Made dikenal tidak hanya di daerah Bali saja, melainkan sudah sampai mancanegara. Pak Made sering mengadakan pameran karya-karyanya di luar negeri, seperti di Perancis, Hongkong, Jepang, dan Belanda. Pameran patung karya Pak Made biasanya dilakukan pada awal tahun, namun karena pandemi covid-19, Pak Made harus menunda pameran karyannya tahun ini. Banyak kolektor patung yang memburu patung karya Pak Made karena memiliki ciri khas tersendiri, jika dibandingkan dengan pengrajin lain, baik dari bentuk pahatan dan warna patung. Pak Made begitu terampil dan detail dalam memahat karya patungnya.
Berdasarkan uraian informasi di atas, analisislah hakikat seni ditinjau dari berbagai sudut pandang dan kemudian jelaskan! Berdasarkan teori seni, hasil karya Pak Made dikategorikan ke dalam jenis seni apakah? Berikan alasan yang tepat!

Pembahasan:
Pembahasan lengkap di Osnipa

2. Bu Reni merupakan seorang guru sekolah dasar di SD Sukamaju. Dalam menghadapi pekan seni nasional yang akan diselengarakan pada Juni tahun ini, Bu Reni mendapatkan tugas dari kepala sekolah untuk membimbing dan melatih lima siswa kelas IV untuk diikutikan pada cabang lomba tari kreasi. Tema apa yang sebaiknya diangkat oleh Bu Reni? Mengapa demikian? Berikan alasan Anda!

Pembahasan:
Pembahasan lengkap di Osnipa

3. Dalam pelaksanaan acara bersih desa di Desa Mulya Sentosa, panitia bersih desa menampilkan pertunjukan karawitan cilik. Dalam pertunjukan tersebut para pengrawit yang terdiri dari anak-anak SD di desa itu memainkan gamelan dengan diiringi tembang yang dinyanyikan oleh sinden cilik juga. Pertunjukkan semakin menarik karena layar panggung didukung dengan tampilan LED yang menampilkan dokumentasi selama kegiatan acara bersih desa.
Berdasarkan ilustrasi di atas, analisislah ruang lingkup teknologi yang dimanfaatkan dalam pertujukan karya seni tersebut!

Pembahasan:
Pembahasan lengkap di Osnipa

4. Dalam sebuah pertunjukan drama berjudul ”Bawang Merah Bawang Putih” yang dilakoni oleh siswa-siswi kelas IV SD pada saat acara pelepasan siswa kelas VI banyak mengundang decak kagum para penonton. Siswa IV yang berperan tampak menghayati peran yang dimainkannya. Ketika harus beradegan menangis, siswa tersebut tampak menangis sungguhan. Hal tersebut dikarenakan anak-anak yang berperan dalam drama tersebut sudah terbiasa bermain peran dan tergabung di dalam ekstrakurikuler drama. Beberapa siswa juga aktif dalam tim ketoprak di daerah tempat tinggalnya. Drama yang ditampilkan oleh siswa-siswi kelas IV SD tersebut memberikan pesan moral bahwa kita harus bersikap baik dengan siapa saja.
Berdasarkan uraian ilutrasi di atas, analisislah fungsi pendidikan seni di SD yang terdapat pada ilustrasi tersebut dan tuliskanlah kalimat pendukung sebagai penguat jawaban Anda!

Pembahasan:
Pembahasan lengkap di Osnipa

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Soal UAS THE Pendidikan Seni di SD (PDGK4207) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts