Sambutan Menpppa pada Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94

Sambutan Menpppa pada Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94 

Read More

Amongguru.com. Berikut ini adalah naskah sambutan Menteri Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Menpppa) pada Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94.

Sambutan Menpppa pada Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94 tersebut tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022.

Naskah Sambutan Menpppa ini akan dibacakan pada pada saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94, tanggal 22 Desember 2022.

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Perayaan hari ibu pada 22 Desember ternyata berdasarkan dari Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali yaitu pada tanggal 22 Desember tahun 1928.

Sejarah lahirnya Hari Ibu tidak terlepas dari peristiwa Sumpah Pemuda. Gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia Raya yang pada tanggal 28 Oktober 1928 digelorakan dalam Kongres Pemuda Indonesia, telah menggugah semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri.

Catatan penting dari Peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah bukan perayaan Mother’s Day sebagaimana yang diperingati di negara lain.

Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya kemerdekaan bangsa dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan.

Oleh karena itu, tema besar yang diusung pada Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 adalah Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

PHI ke-94 tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk menggalang aksi bersama mendorong kemandirian perempuan Indonesia, tidak hanya kemandirian ekonomi, namun kemandirian di bidang yang lain seperti pendidikan, kesehatan, sosial, politik dan hukum.

Melalui momentum Peringatan Hari Ibu ke-94 ini pula diharapkan seluruh pemangku kepentingan turut mendukung pelaksanaan 5 (lima) arahan Presiden RI kepada KemenPPPA, yaitu: (1) Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berperspektif gender; (2) Peningkatan peran Ibu/keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak; (3) Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak; (4) Penurunan pekerja anak; dan (5) Pencegahan perkawinan anak.

Baca : Naskah Doa Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022

Naskah Sambutan Menpppa pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Sambutan Menpppa pada Upacara Peringatan Hari Ibu PHI ke-94 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts