Perhatikan Penggunaan Kosakata Baku dan Kalimat Efektif Pada Tulisanmu Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu, pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 25 26 27 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Globalisasi di Sekitarku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Informasi Penting Setiap Paragraf Teks Bacaan Menyalurkan Energi Listrik. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Read More

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

Ayo Menulis

Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.
Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro. Sekarang, coba tuliskan dengan runtut kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut. Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.

Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu.

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Jawaban : Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air PLTA, air sungai/waduk masuk melalui pintu yang diatur katup pengaman menuju tangki pengaman tekanan. Kemudian air tersebut dialirkan dari pipa pesat menuju ke turbin melalui katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Turbin akan bergerak karena tekanan air sehingga generator dapat menghasilkan listrik.

Listrik dari PLTA kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator lalu mengalir menuju sistem transmisi. Melalui sistem transmisi ini, listrik disalurkan menuju ke gardu induk di berbagai wilayah. Setelah tegangan listrik diturunkan, listrik kemudian disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan tegangannya menjadi 220 v. Tegangan ini kemudian disalurkan menuju ke rumah-rumah warga.

Ayo Membaca
Globalisasi: Dunia tanpa Batas

1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.

Jawaban, buka disini: Apa yang Dimaksud dengan Ungkapan Dunia tanpa Batas Pada Bacaan di Atas Jelaskan Tema 4 Kelas 6

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 6 SD halaman 27 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Globalisasi di Sekitarku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)

Related posts