Perbedaan Pantai, Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 5

Perbedaan Pantai, Dataran Tinggi dan Dataran Rendah – Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut. Pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 4 SD di buku tematik halaman 5. Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.

Perbedaan Pantai Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

Read More

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya, di mana kalian telah membuat sedikitnya 5 pertanyaan tentang gambar pantai, dataran tinggi dan dataran rendah. Sudah membuatnya? Jika belum, berikut ini beberapa contoh pertanyaan :

1. Apa saja jenis pekerjaan yang ada di daerah pantai?
2. Mengapa penduduk daerah pantai banyak menjadi nelayan?
3. Mengapa di daerah pegunungan banyak penduduk bekerja pada perkebunan?
4. Apa saja pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk di daerah pegunungan?
5. Mengapa di dataran rendah banyak terdapat lahan persawahan?

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

Jawaban Hasil Diskusi :

1. Perbedaan Lokasi Ketinggian

Perbedaan pertama dari dataran tinggi dan juga dataran rendah bisa kita lihat dari lokasi dan juga ketinggian dari kedua dataran tersebut. Dataran rendah, secara teoritis merupakan suatu dataran yang berlokasi dengan ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut. Sedangkan dataran tinggi merupakan daerah dataran yang memiliki ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut).

2. Perbedaan Lokasi dan Lingkungan Sekitar

Dataran rendah kebanyakan merupakan daerah yang berdekatan lokasinya dengan pantai, serta hilir sungai sehingga akan mudah menjadi penyebab banjir. Sedangkan dataran tinggi merupakan dataran yang lokasi sekitarnya mirip seperti pegunungan dan juga perbukitan.

3. Perbedaan di Bidang Ekonomi

Ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan ketimbang dataran tinggi, terutama faktor pembangunan ekonomi yang menyangkut kegiatan industri, perkantoran dan juga bisnis komersil. Lokasi dataran rendah yang kontur tanahnya datar dan rata, membuat pembangunan gedung dan juga industri menjadi mudah untuk dilakukan pada dataran rendah yang akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar.

4. Perbedaan Iklim dan Cuaca

Dari sisi Iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang cenderung panas, kering dan juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki kelembaban udara dan juga kelembaban tanah yang tinggi, suhu udara yang cenderung sejuk, namun memiliki curah hujan yang relatif rendah. Meski demikian, lokasi dataran tinggi merupakan lokasi yang pas untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memiliki kualitas unsur hara di dalam tanah yang baik.

5. Perbedaan Potensi Pariwisata

Lokasi dengan wilayah yang memiliki dataran rendah biasanya memiliki potensi pariwisata yang berhubungan dengan lokasi pantai yang akan rentan dengan erosi tanah. Selain itu, biasanya pada dataran rendah juga banyak dibangun lokasi wisata khusus, seperti lokasi wisata taman bermain, tugu, dan juga berbagai macam taman buatan.

Itulah pembahasan lengkap kunci jawaban tema 3 kelas 4 SD halaman 5 tentang lima perbedaan pantai, dataran tinggi dan dataran rendah meliputi lokasi ketinggian, lingkungan sekitar, ekonomi, iklim cuaca, dan pariwisata. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)

Related posts