Pengumuman Seleksi PPPK Tenaga Teknis dan Dosen Kemenhan 2022

Pengumuman Seleksi PPPK Tenaga Teknis dan Dosen Kemenhan 2022

Read More

Amongguru.com. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah menerbitkan Pengumuman Nomor PENG/6/XII/2022 tentang Pelaksanaan Seleksi Pengadaan Calon PPPK Tenaga Teknis dan Dosen Kemenhan Tahun Anggaran 2022.

Dasar Hukum

1. Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

2. Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertahanan.

3. Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Pertahanan.

4. Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 18 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

5. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 334 Tahun 2022 tanggal 19 Agustus 2022 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Pertahanan Tahun Anggaran 2022.

6. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 969 Tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Dosen Tahun Anggaran 2022.

7. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 970 Tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022 tentang Persyaratan Wajib Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi sebagai Penambahan Nilai Seleksi Kompetensi Teknis dalam Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Teknis.

8. Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/2601/M.SM.01.00/2022 tanggal 7 Desember 2022 tentang Perubahan Penetapan Kebutuhan PPPK 2022 di Lingkungan Kementerian Pertahanan.

Jumlah Kebutuhan PPPK

Jumlah kebutuhan Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tenaga Teknis dan Dosen sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 334 Tahun 2022 berjumlah 332 Formasi.

Alokasi Kebutuhan

Alokasi kebutuhan sebagai unit kerja penempatan di lingkungan Kementerian Pertahanan adalah :

1. UO Kementerian Pertahanan;

2. UO TNI AL; dan

3. UO TNI AU.

Persyaratan Umum

Berikut adalah persyaratan umum bagi pelamar PPPK.

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu 57 tahun untuk jabatan Fungsional Ahli Pertama dan jabatan Fungsional Keterampilan.

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

4. Tidak pernah Diberhentikan dengan Hormat Tidak atas Permintaan Sendiri atau Tidak dengan Hormat dari PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau Diberhentikan Tidak dengan Hormat dari pegawai swasta.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

8. Sehat jasmani dan rohani (pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan dan berat badan) dari rumah sakit pemerintah.

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan dengan ketentuan :

a. pelamar memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri; atau

b. pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

11. Tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah.

12. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.

13. Tidak bertato atau bekas tato dan tindik atau bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

14. Untuk pelamar PPPK merupakan lulusan Doktor (S-3), Pasca Sarjana (S-2), Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) dan lulusan Diploma III (D-lll) sesuai dengan persyaratan jabatan pada kebutuhan jabatan yang dilamar, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,50 (dua koma lima nol) dari skala 4,00 (empat koma nol).

Ketentuan Pelamar PPPK

1. Pelamar wajib memiliki pengalaman dengan ketentuan paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar untuk jenjang terampil, dan jenjang ahli pertama.

2. Masa kerja Pelamar dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh:

a. paling rendah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada Instansi Pemerintah; dan

b. paling rendah Direktur/Kepala Divisi yang membidangi Sumber Daya Manusia, bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan swasta/lembaga swadaya nonpemerintah/yayasan.

3. Jabatan Dosen – Lektor, wajib memiliki artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau karya yang mendapat perlindungan hukum oleh negara, sebagai syarat wajib tambahan sesuai dengan Kepmenpan RB Nomor: 970 Tahun 2022 tentang persyaratan wajib tambahan dan sertifikasi kompetensi dalam pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan fungsional teknis.

4. Jabatan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa – Ahli Pertama, wajib memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa tingkat dasar/level-1, sebagai syarat wajib tambahan sesuai dengan Kepmenpan RB Nomor: 970 Tahun 2022 tentang persyaratan wajib tambahan dan sertifikasi kompetensi dalam pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan fungsional teknis.

Tata Cara Pendaftaran

Berikut adalah tata cara pendaftaran pelamar PPPK.

1. Pelamar mengunggah scan dokumen persyaratan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id terdiri dari:

a. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan sesuai dengan lokasi formasi yang dipilih : (1) UO Kemhan kepada Menteri Pertahanan, (2) UO TNI AL kepada Kasal, (3) UO TNI AU Kepada Kasau di Jakarta, yang sudah ditandatangani menggunakan Materai. (format surat lamaran terlampir);

b. Surat pernyataan 5 poin yang sudah ditandatangani menggunakan Materai;

c. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);

d. Scan Ijazah Asli dan Transkrip Nilai Ijazah Asli sesuai kualfikasi pendidikan yang dipersyaratkan;

e. Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah, ukuran file maksimal 200KB;

f. Surat keterangan memiliki pengalaman paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan Fungsional yang dilamar sesuai dengan ketentuan pelamar PPPK tenaga teknis dan dosen pada angka 6 huruf a;

g. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani (dengan mencantumkan hasil pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan dan berat badan) yang masih berlaku dari rumah sakit pemerintah;

h. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

i. Dokumen pada angka 7 huruf g dan huruf h digabung menjadi 1 (satu) file pdf, lalu diunggah pada kolom “Dokumen surat kesehatan”.

j. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh Surat Keputusan Penyetaraaan Ijazah Asli dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Ristek (Eks Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti) dan Transkrip Nilai Asli dan Surat Keputusan Hasil Konversi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kemendikbud Ristek;

k. Scan SK Penugasan serta Surat Rekomendasi Pengalaman Kerja dan Berkinerja Baik;

l. Bagi pelamar penyandang disabilitas, wajib mengunggah:

1) Surat Keterangan Penyandang Disabilitas dari rumah sakit/pusat kesehatan masyarakat milik Pemerintah; dan

2) video singkat melakukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan tugas sebagai Tenaga Teknis dan Dosen.

m. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pendukung lainnya dilakukan secara online melalui laman: https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK).

Tahapan Seleksi PPPK

Tahapan Seleksi PPPK meliputi:

a. Seleksi Administrasi;

b. Seleksi Kompetensi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang meliputi ujian:

1) Kompetensi Teknis;

2) Kompetensi Manajerial;

3) Kompetensi Sosial Kultural;

4) Wawancara (penilaian integritas dan moralitas).

c. Seleksi kompetensi instansi Materi Penelitian Personel (Litpers)

Ketentuan Pelaksanaan dan Penilaian Seleksi PPPK

a. Jumlah soal keseluruhan seleksi kompetensi adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian:

1) Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal;

2) Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

3) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

4) Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

b. Seleksi kompetensi sebagaimana dilaksanakan dalam durasi waktu :

1) Seleksi Kompetensi Teknis, angka 9 huruf a manajerial, dan sosial kultural dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit, dikecualikan bagi penyandang disabilitas sensorik netra dilaksanakan dalam durasi waktu 150 (seratus lima puluh) menit;

2) Wawancara dilaksanakan dalam durasi waktu 10 (sepuluh) menit, dikecualikan bagi penyandang disabilitas sensorik netra dilaksanakan dalam durasi waktu 15 (lima belas) menit.

c. Pembobotan nilai untuk soal Seleksi Kompetensi yaitu:

1) untuk materi soal seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan bobot jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol);

2) untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta bobot tidak menjawab bernilai 0 (nol);

3) untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta bobot tidak menjawab bernilai 0 (nol);

4) untuk materi soal wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta bobot tidak menjawab bernilai 0 (nol).

d. Nilai Kumulatif paling tinggi untuk Seleksi Kompetensi adalah 690 (enam ratus sembilan puluh), dengan rincian:

1) 450 (empat ratus lima puluh) untuk Seleksi Kompetensi Teknis;

2) 200 (dua ratus) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural;

3) 40 (empat puluh) untuk Wawancara.

e. Nilai Ambang Batas untuk Seleksi Kompetensi yaitu:

1) Nilai ambang batas keseluruhan Kompetensi Teknis sebesar 270 (dua ratus tujuh puluh);

2) nilai untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural adalah 130 (seratus tiga puluh); dan

3) nilai untuk Wawancara adalah 24 (dua puluh empat).

f. Penilaian seleksi tambahan Penilitian Personel (Litpers), diatur dalam petunjuk teknis atau pedoman yang bisa di download pada laman https://www.kemhan.go.id/Ropeg.

Jadwal Seleksi Pengadaan ASN

1. Pengumuman Seleksi : 20 Desember 2022 s.d. 3 Januari 2023

2. Pendaftaran seleksi Online (https://sscasn.bkn.go.id/) : 21 Desember 2022 s.d. 6 Januari 2023

3. Seleksi Administrasi : 21 Desember 2022 s.d 11 Januari 2023

4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 12 s.d. 15 Januari 2023

5. Masa Sanggah : 16 s.d 18 Januari 2023

6. Jawab Sanggah : 19 s.d 25 Januari 2023

7. Pengumuman Pasca Sanggah : 26 s.d 28 Januari 2023

8. Pemilihan Titik Lokasi Ujian dan Pencetakan Kartu Peserta : 18 s.d 22 Februari 2023

9. Penarikan data final : 23 s.d 24 Februari 2023

10. Penjadwalan Seleksi Kompetensi : 25 Februari s.d 1 Maret 2023

11. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu dan Tempat Seleksi : 2 s.d 7 Maret 2023

12. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi : 10 Maret s.d 3 April 2023

13. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tambahan : 20 Maret s.d 6 April 2023

14. Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi : 26 Maret s.d 8 April 2023

15. Pengumuman Kelulusan : 9 s.d 11 April 2023

16. Masa Sanggah : 12 s.d 14 April 2023

17. Jawab Sanggah : 14 s.d 20 April 2023

18. Pengumuman Kelulusan Pasca Sanggah : 27 s.d 29 April 2023

19. Pengisian DRH NI PPPK : 30 April s.d 22 Mei 2023

20. Usul Penetapan NI PPPK : 23 Mei s.d 20 Juni 2023

*) Jadwal pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diumumkan kemudian melalui laman https://Kemhan.go.id/Ropeg

Sistem Kelulusan PPPK

1. Kelulusan seleksi administrasi didasarkan pada hasil verifikasi melalui laman https ://sscasn. bkn. go. id. Adapun kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh Tim Panitia Seleksi Instansi pada laman https://Kemhan.go.id/Ropeg. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscasn.bkn.go.id.

2. Hasil Penilaian seleksi kompetensi jabatan (Teknis, Manajerial dan Sosial Kultural) serta penilaian Wawancara (Integritas dan Moralitas) akan diintegrasikan dengan hasil penilaian seleksi kompetensi instansi (Penelitian Personel) dari Tim Panitia Seleksi Instansi oleh Panitia Seleksi Nasional, selanjutnya hasil integrasi untuk kelulusan akan dikirimkan kepada Tim Panitia Seleksi Instansi, untuk diumumkan.

Baca : Pengumuman Seleksi PPPK Badan POM Tahun 2022

Pengumuman Pelaksanaan Seleksi Pengadaan Calon PPPK Tenaga Teknis dan Dosen Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Tahun Anggaran 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Pengumuman Pelaksanaan Seleksi Pengadaan Calon PPPK Tenaga Teknis dan Dosen Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Tahun Anggaran 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts