Pengumuman Seleksi PPPK Jabfung Teknis KKP 2022

Pengumuman Seleksi PPPK Jabfung Teknis KKP 2022

Read More

Amongguru.com. Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menerbitkan Pengumuman Nomor B. 4028/SJ.3/KP.320/XII/2022 tentang Seleksi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Formasi Tahun 2022.

Di dalam rangka mengisi kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2022 untuk Jabatan Fungsional Tenaga Teknis dan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 337 Tahun 2022 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun Anggaran 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak Putra/Putri yang memiliki keahlian dan keterampilan serta berpengalaman dibidangnya untuk bergabung bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Formasi Tahun 2022.

Dasar Hukum

a. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

b. Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

c. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional.

d. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 337 Tahun 2022 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun Anggaran 2022.

e. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 969 Tahun 2022 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Dosen Tahun Anggaran 2022.

f. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 970 Tahun 2022 tentang Persyaratan Wajib Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Sebagai Penambahan Nilai Seleksi Kompetensi Teknis Dalam Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Teknis.

g. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 971 Tahun 2022 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2022.

Perkiraan Jadwal Seleksi

1. Pengumuman Seleksi : 20 Desember 2022 s.d. 3 Januari 2023

2. Pendaftaran Seleksi : 21 Desember 2022 s.d. 6 Januari 2023

3. Seleksi Administrasi : 21 Desember 2022 s.d. 11 Januari 2023

4. Pengumuman Administrasi Hasil Seleksi : 12 s.d 15 Januari 2023

5. Masa Sanggah : 16 s.d. 18 Januari 2023

6. Jawab Sanggah : 19 s.d. 25 Januari 2023

7. Pengumuman Pasca Sanggah : 26 s.d. 28 Januari 2023

8. Pemilihan Titik Lokasi Ujian dan Pencetakan Kartu Peserta : 18 s.d. 22 Februari 2023

9. Penarikan Data Final : 23 s.d. 24 Februari 2023

10. Penjadwalan Seleksi Kompetensi : 25 Februari s.d. 1 Maret 2023

11. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi : 2 s.d. 7 Maret 2023

12. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tambahan : 20 Maret s.d. 6 April 2023

13. Pengolahan Kompetensi Nilai Seleksi : 26 Maret s.d. 8 April 2023

14. Pengumuman Kelulusan : 9 s.d. 11 April 2023

15. Masa Sanggah : 12 s.d. 14 April 2023

16. Pengumuman Kelulusan : 9 s.d. 11 April 2023

17. Masa Sanggah : 12 s.d. 14 April 2023

18. Jawab Sanggah : 14 s.d. 20 April 2023

19. Pengumuman Kelulusan Pasca Sanggah : 27 s.d. 29 April 2023

20. Pengisian Daftar Riwayat Hidup Nomor Induk PPPK : 30 April s.d. 22 Mei 2023

21. Usul Penetapan Nomor Induk PPPK : 23 Mei s.d 20 Juni 2023

Tempat Seleksi

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi bertempat di Kantor Pusat dan Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara serta Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara.

Tahapan Seleksi

Seleksi terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu:

1. Seleksi Administrasi; dan

2. Seleksi Kompetensi yang terdiri atas seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Seleksi sebagaimana tersebut di atas menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Masa Hubungan Perjanjian

1. Masa hubungan perjanjian kerja (MHPK) PPPK ditetapkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun dengan mempertimbangkan pencapaian/penilaian kinerja setiap tahun, kesesuaian kompetensi, dan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

2. MPHK PPPK dapat diperpanjang untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.

3. Jangka waktu MPHK sebagaimana huruf a, dapat lebih singkat dengan meperhatikan selisih tahun usia yang bersangkutan dengan batas usia pensiun jabatan yang dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Persyaratan Umum

1. Pada saat melamar usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar.

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

6. Sehat jasmani dan rohani.

7. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.

8. Berkelakuan baik.

9. Bersedia ditempatkan pada unit kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

10. Peserta yang telah dinyatakan lulus tahap akhir dan sudah mendapatkan persetujuan nomor induk PPPK kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan dilaporkan kepada Panitia Seleksi Nasional (PANSELNAS) untuk diberikan sanksi tidak boleh melamar pada penerimaan ASN untuk 1 (satu) periode berikutnya.

Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus pelamar sebagai berikut.

1. Memiliki pengalaman bekerja dibidangnya paling singkat 2 (dua) tahun pada saat melamar, yang dibuktikan dengan surat keterangan pengalaman kerja dan ditandatangani oleh:

a. paling rendah pejabat Pimpinan Tinggi Pratama bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di Instansi Pemerintah, atau

b. paling rendah Direktur/Kepala Divisi yang membidangi sumber daya manusia bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja pada perusahaan swasta/ lembaga swadaya non pemerintah/yayasan. Pengalaman bekerja dibidangnya sebagaimana tercantum pada Lampiran I.

2. Bagi pelamar Pemula – Pengawas Perikanan dan Terampil – Pengawas Perikanan yang mengunggah Sertifikat BST/ANKAPIN II/ATKAPIN II/ATT IV/ANT IV, wajib:

a. tidak memiliki riwayat penyakit jantung, operasi besar dan asma serta tidak bertato dan bertindik atau memiliki bekas tindik yang berlubang kecuali karena ketentuan adat, dan dinyatakan dalam surat pernyataan; dan

b. mengunggah surat keterangan kesehatan mata yang menerangkan tidak buta warna dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas.

3. Bagi pelamar Asisten Ahli – Dosen, wajib memiliki:

a. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.5;

b. Akreditasi Perguruan Tinggi minimal B/Baik Sekali yang dibuktikan dengan serfifkat BAN-PT/ tangkap layar dari website BAN-PT;

c. Pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi yang dibuktikan dengan surat keterangan pengalaman mengajar.

4. Bagi pelamar Ahli Pertama – Pengelola Barang/Jasa, wajib memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa tingkat dasar/ level 1.

5. Bagi pelamar Ahli Pertama – Instruktur wajib memiliki sertifikat keahlian dan sertifikat kompetensi sesuai bidang keahlian (KKNI level 1,2, dan 3).

6. Pelamar penyandang disabilitas merupakan pelamar yang memiliki keterbatasan secara fisik bukan keterbatasan karena gangguan fungsi jaringan otak, dengan syarat sebagai berikut.

a. Melampirkan dokumen/ surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/ puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

b. Menyampaikan video singkat berdurasi paling lama maksimal 15 menit, tentang :

• Perkenalan diri;

• Menyampaikan pengalaman kerja sesuai dengan jabatan yang dilamar;

• Menunjukan kemampuan mengoperasikan Ms. Office (Word dan Excel, Power Point) dengan memvideokan secara jelas aktifitas dimaksud;

• Menunjukan aktivitas fisik antara lain berjalan, memegang benda dan lain-lain.

7. Surat lamaran, surat pernyataan, surat keterangan pengalaman kerja wajib dibubuhkan dengan e-meterai atau meterai tempel.

Persyaratan Penambah Nilai

Pelamar dapat menambah nilai kompetensi teknis jika:

1. Pelamar jabatan Terampil – Pustakawan memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja Pustakawan masih berlaku yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan, mendapatkan tambahan nilai 15% dari nilai tertinggi kompetensi teknis;

2. Pelamar jabatan Ahli Pertama – Pustakawan memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja Pustakawan masih berlaku yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan, mendapatkan tambahan nilai 15% dari nilai tertinggi kompetensi teknis;

3. Pelamar jabatan Ahli Pertama – Instruktur memiliki Sertifikat Metodologi Level 3, mendapatkan tambahan nilai 20% dari nilai tertinggi kompetensi teknis;

4. Pelamar Pemula – Pengawas Perikanan memiliki Basic Safety Training (BST) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kementerian Perhubungan, mendapatkan tambahan nilai 25% dari nilai tertinggi kompetensi teknis;

5. Pelamar Terampil – Pengawas Perikanan memiliki Basic Safety Training (BST) dan minimal sertifikat ANKAPIN II/ATKAPIN II/ ANT IV/ATT IV, mendapatkan tambahan nilai 25% dari nilai tertinggi kompetensi teknis; dan

6. Pelamar penyandang disabilitas mendapatkan nilai tambahan sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis.

Alur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 21 Desember 2022 s.d. 6 Januari 2023, dengan alur sebagai berikut.

a. Pelamar membuat akun pada https://sscasn.bkn.go.id menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru;

b. Klik Allow untuk mengizinkan penggunaan kamera dan mengisi seluruh data dengan benar;

c. Pelamar login ke https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

d. Pelamar menggunggah swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya;

e. Pelamar melengkapi data diri;

f. Pelamar memilih instansi Kementerian Kelautan dan Perikanan dilanjutkan dengan memilih jenis formasi, jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, dan lokasi tes, serta mengisi data lain yang harus dilengkapi;

g. Pelamar menggunggah seluruh dokumen umum dan dokumen khusus dalam bentuk scan sesuai persyaratan yang telah ditentukan;

h. Pastikan dokumen yang diunggah dapat terbaca. Kesalahan dalam menggunggah dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi;

i. Simpan data yang telah dicek pada “form resume” dan pastikan data tersebut telah terisi dengan lengkap dan benar; dan

j. Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2022 untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.

Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen asli dalam bentuk scan ke https://sscasn.kkp.go.id , yang meliputi:

1/ Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan c.q. Ketua Panitia Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Formasi Tahun 2022, diketik dengan menggunakan komputer dan ditandatangani dengan pulpen bertinta hitam serta wajib dibubuhkan e- meterai atau materai tempel 10000 sebagaimana format surat pada Lampiran III dan diunggah pada kolom dokumen surat lamaran.

2. Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang ditandatangani oleh pejabat sebagaimana Persyaratan Khusus dan dibubuhkan e-meterai atau meterai tempel 10000, dengan format surat pada Lampiran IV serta melampirkan SK Pengangkatan paling sedikit 2 (dua) tahun dan diunggah pada kolom dokumen surat keterangan pengalaman kerja PPPK (minimal 2-5 tahun sesuai persyaratan).

3. Kartu Tanda Penduduk/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan diunggah pada kolom dokumen Kartu Tanda Penduduk.

4. Surat Pernyataan diketik dengan menggunakan komputer dan ditandatangani dengan pulpen bertinta hitam serta wajib dibubuhkan e-meterai 10000 sebagaimana format surat pada Lampiran V dan diunggah pada kolom dokumen Surat Pernyataan dengan Format dari Instansi masing-masing (1).

5. Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan, dan diunggah pada kolom dokumen Ijazah Asli.

6. Transkrip Nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, dan diunggah pada kolom dokumen Transkrip Nilai Asli.

7. Pas foto berlatar belakang merah dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal dan diunggah pada kolom dokumen Pas Foto.

8. Khusus pelamar jabatan Asisten Ahli – Dosen wajib mengunggah:

a. Sertifikat BAN-PT minimal B/Baik Sekali atau tangkap layar pada laman https://banpt.or.id untuk akreditasi perguruan tinggi pada kolom Surat Akreditasi Universitas.

b. Surat keterangan pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh pejabat sebagaimana Persyaratan Khusus dan dibubuhkan e-meterai atau meterai tempel 10000 pada kolom Surat Keterangan atau Rekomendasi.

9. Khusus pelamar jabatan Pengawas Perikanan, mengunggah:

a. Surat kesehatan mata dari Rumah Sakit Pemerintah khusus pelamar yang mengunggah BST/ANKAPIN II/ATKAPIN II/ANT IV/ATT IV pada kolom dokumen Surat Kesehatan;

b. Jabatan Pemula – Pengawas Perikanan mengunggah Sertifikat Basic Safety Training (BST) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kementerian Perhubungan pada kolom dokumen Sertifikat Tambahan Nilai PPPK (1); dan

c. Jabatan Terampil – Pengawas Perikanan mengunggah minimal Sertifikat ANKAPIN II/ ATKAPIN II/ ANT IV/ ATT IV/ yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kementerian Perhubungan pada kolom dokumen Sertifikat Tambahan Nilai PPPK (1).

10. Pelamar jabatan Ahli Pertama – Pengelola Pengadaan Barang/Jasa mengunggah Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar/Level 1 pada kolom dokumen Sertifikat Kompetensi Wajib Tambahan (1).

11. Pelamar jabatan Terampil – Pustakawan dan Ahli Pertama – Pustakawan menggunggah Sertifikat kompetensi kerja pustakawan yang masing berlaku dan diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan pada kolom dokumen Sertifikat Tambahan Nilai PPPK (1).

12. Pelamar Ahli Pertama – Instruktur, menggunggah:

a. Wajib Sertifikat keahlian dan sertifikat kompetensi sesuai bidang keahlian (KKNI level 1,2, dan 3) pada kolom Sertifikat Kompetensi Wajib Tambahan (1);

b. Sertifikat Metodologi Level 3 pada kolom Sertifikat Tambahan Nilai PPPK (1).

13. Pelamar penyandang disabilitas mengunggah:

a. surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah/ puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya ; dan

b. menyampaikan link video singkat di kolom dokumen yang disediakan.

Pengumuman Seleksi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Formasi Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Baca : Pengumuman Seleksi PPPK BKKBN Tahun Anggaran 2022

Demikian Pengumuman Seleksi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Formasi Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts