Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022

Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022

Read More

Amongguru.com. Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022 telah diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Pedoman identitas visual beserta template visual lainnya yang ada di dalam Materi Publikasi Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022 ini dapat digunakan mulai tanggal 1 sampai dengan  31 Oktober 2022.

Di dalam Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda Ke‑94 Tahun 2022 disampaikan bahwa untuk menyemarakkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke‑94 tahun 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga menetapkan logo HSP Ke‑94 Tahun 2022 sebagai identitas tunggal.

Tema Besar Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Sumpah Pemuda yang dihasilkan pada Kongres Pemuda II merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa yang membangunkan kesadaran persatuan terhadap kaum muda.

Ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa dimotori oleh para pemuda dari berbagai suku, budaya, agama, dan daerah yang 17 tahun kemudian melahirkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda ini telah mengajarkan nilai‑nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan bangsa Indonesia sebenarnya dapat disatukan menjadi penjelmaan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda‑beda tapi tetap satu”.

Baca : Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tentang Penetapan Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk senantiasa Bersatu Bangun Bangsa dengan membawa bangsa ini maju kearah yang lebih baik.

Oleh karena itu, Tema Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022 adalah ”Bersatu Bangun Bangsa’‘.

Logo Hari Sumpah Pemuda Ke‑94 Tahun 2022

Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mencerminkan persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang terus semangat, tegas, dan keyakinan‑keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala transformasi.

Sebuah refleksi dari nilai‑nilai Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan keaneka ragaman bangsa untuk mencetak Pemuda‑Pemudi yang ikut serta Bersatu Bangun Bangsa.

Visualisasi logo Hari Sumpah Pemuda Ke‑94 Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

Filosofi Logo

1. Karakter Logo

Karakteristik penggabungan warna menggambarkan Indonesia memiliki keberagaman Suku, Bangsa, dan Budaya.

2. Garis

Garis putih yang berada di dalam angka 9 dan 4, mengikuti bentuk logo dan menjadi satu kesatuan yang menambah indahnya keberagaman sekaligus menjadi simbol persatuan yang suci.

3. Lingkaran

Bentuk lingkaran ibarat gambar kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan semangat kepemudaan.

4. Dua Garis Berjajar

Garis yang saling berjajar dan mengarah keatas menggambarkan semangat pemuda‑pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud dari rasa cintanya pada tanah air Indonesia.

Elemen Identitas

Bagian ini adalah penjabaran identitas visual yang digunakan pada Hari Sumpah Pemuda Ke‐94 beserta aturan dasar penggunaannya. Aturan dirancang untuk menjaga konsistensi penggunaan identitas visual pada seluruh media.

Berikut adalah konten‐konten dari bagian Sistem Identitas.

1. Konfigurasi Logo

Konfigurasi logo ini dibuat untuk dapat di gunakan sesuai dengan keburuhan pengaplikasian di berbagai media dan kombinasi warna logo berdasarkan latar belakang media yang digunakan dengan ketentuan sebagai berikut.

a. Logo Utama

Konfigurasi logo ini dapat digunakan di berbagai media karena berifat utama, baiknya digunakan pada media yang posisinya vertikal.

b. Logo Sekunder

Konfigurasi logo ini hanya dapat digunakan pada media yang posisinya horizontal.

2. Palet Warna Identitas

Konfigurasi logo ini dibuat untuk dapat di gunakan sesuai dengan keburuhan pengaplikasian pada berbagai media.

3. Tipografi Identitas

Di dalam Pengaplikasian desain logo Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke‑94 Tahun 2022, Bebas Neue dan Futura‑Bold Oblique menjadi font utama.  Font ini dapat diunduh dan digunakan secara bebas dari Google Fonts.

4. Penggunaan Logo yang Benar

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi harus di terapkan dengan jelas.

Berikut adalah contoh penggunaan logo  pada  latar  belakang  dengan  palet  warna  identitas yang benar.

Contoh penggunaan logo pada latar belakang putih

Contoh penggunaan logo pada latar belakang Gelap

Contoh penggunaan logo dengan benar.

5. Penggunaan Logo yang Salah

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi haus di terapkan dengan jelas. Berikut ini adalah penggunaan logo yang salah.

6. Konsep Elemen Grafis

Konsep Elemen Grafis terinspirasi oleh bentuk dasar logo Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke‑94 tahun 2022.

Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Materi Publikasi HSP ke-94 Tahun 2022 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Demikian Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts