Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022

Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022

Read More

Amongguru,com. Kementerian Sosial Republik Indonesia telah  menerbitkan Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022.

Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022 ini diterbitkan untuk sebagai acuan penggunaan logo sebagai identitas visual Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022.

Di dalam Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022 berisi antara lain latar belakang logo Hari Pahlawan 2022, filosofi logo, tipografi, sampai dengan penggunaan logo yang benar.

Latar Belakang

Penyelenggaraan dan peringatan Hari Pahlawan yang dikoordinir oleh Kementerian Sosial RI turut menentukan identitas untuk digunakan dalam seluruh kegiatan yang meliputi peringatan hari nasional tersebut.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan dilatarbelakangi atas kejadian Pertempuran Surabaya pada tanggal dan bulan yang sama tahun 1945.

Baca : Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Maknanya Bagi Generasi Muda

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah sebuah simbol kekuatan dan perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh tentara Britania Raya dan Belanda tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan sebagai negara.

Atas kesenonohan penjajah yang tidak menghormati kedudukan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maka para pahlawan kita bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia untuk memukul mundur penjajah dengan menyuarakan penolakan atas invasi yang dilakukan pasukan penjajah di tanah Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia

Sebuah peristiwa yang terkenal pada Pertempuran Surabaya diantaranya adalah pidato Bung Tomo yang menggetarkan “Merdeka atau Mati”.

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Kementerian Sosial RI mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk memperingati dan menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kedaulatan negara kita melalui peringatan Hari Pahlawan. Pahlawanku, Teladanku!

Tema Besar

Hari Pahlawan hadir atas peristiwa bersejarah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui gerakan Revolusi Nasional Indonesia pada Pertempuran Surabaya yang meletus tanggal 10 November 1945.

Para pahlawan kita yang bertempur pada masa Revolusi Nasional Indonesia mengetahui betul bahwa melawan penjajah bersenjata lengkap dengan beribu-ribu pasukan adalah rintangan tersulit. Sedangkan di sisi lain, rakyat Indonesia tidak memiliki perlengkapan perang yang sepadan, setengahnya pun tidak.

Namun, bangsa kita tidak kekurangan dua hal yaitu tekad dan semangat. Tekad untuk pantang menyerang dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah.

Atas dasar tersebut, sebagai generasi muda juga penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2022 : PAHLAWANKU, TELADANKU.

Logo Utama dan Penjelasan Karakternya

Logo utama Hari Pahlawan mencerminkan karakter pahlawan sebagai sosok yang tangguh, berani, dan teladan.

Filosofi Logo Hari Pahlawan 2022

Kepal Tangan : Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.
Perisai Pancasila : Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagai anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.
Simbol Cinta : Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan, mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.
Bambu Runcing : Bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

Panduan Warna Identitas Visual Hari Pahlawan 2022

Berikut ini adalah warna-warna yang digunakan pada seluruh desain dan branding dari Hari Pahlawan 2022.

Variasi Warna Logo

Font Logo

Roboto adalah tipe huruf utama yang digunakan pada semua aplikasi desain untuk Hari Pahlawan 2022. Font ini dapat diunduh dan digunakan secara bebas dari Google Fonts.

Contoh karakter :

Elemen Grafis – Supergrafis

Kumpulan Bambu Runcing Elemen grafis terinspirasi dari bambu runcing yang merupakan senjata khas pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, batang-batang bambu tersebut disusun membentuk pola seperti batik. Memiliki filosofi semangat pahlawan dalam berjuang secara gotong-royong dalam menghadapi imperialisme.

Konsep Elemen Grafis

Konsep Elemen Grafis terinspirasi oleh bentuk dasar logo Hari Pahlawan 2022.

Penggunaan Logo Yang Benar

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.

Penggunaan Logo Yang Salah

Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Pedoman Hari Pahlawan 2022 – Unduh

Logo Hari Pahlawan 2022 – Unduh

Template Hari Pahlawan 2022 – Unduh

Demikian Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts