Paragraf 1 Topik Masalah Menyalurkan Energi Listrik Halaman 26

Paragraf 1 topik masalah menyalurkan energi listrik paragraf 2 deret penjelas paragraf 3 kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis, pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 25 26 27 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Globalisasi di Sekitarku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Paragraf 1 Topik Masalah Menyalurkan Energi Listrik

Read More

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 26

Ayo Membaca

Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Jawaban :

Paragraf 1: Topik Masalah
Peran listrik dalam mendukung terjadinya era globalisasi.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan oleh transformator hingga 500 kv, lalu disalurkan melalui sistem transmisi bernama SUTET ke berbagai tempat. Setelah itu, energi listrik akan masuk ke gardu induk untuk diturunkan tegangannya menggunakan transformator menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan lagi menjadi 220 v sesuai kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Kini masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia karena adanya listrik.

Ayo Menulis

Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.
Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Jawaban, buka disini: Perhatikan Penggunaan Kosakata Baku dan Kalimat Efektif Pada Tulisanmu Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

Demikian pembahasan kunci jawaban soal halaman 26 tema 4 kelas 6 SD tentang paragraf 1 topik masalah menyalurkan energi listrik paragraf 2 deret penjelas paragraf 3 kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)

Related posts