Paparan Materi Rencana Seleksi Pengadaan PPPK Guru 2023

GuPaparan Materi Rencana Seleksi Pengadaan PPPK Guru 2023

Read More

Amongguru.com. Berikut ini adalah paparan materi rencana seleksi pengadaan Aparatur Sipil Negara ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2023.

Paparan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja formasi Guru Tahun 2023 untuk memberikan gambaran mengenai jumlah kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan PPPK Tahun 2023.

Sejak tahun 2021, pemerintah pusat telah membuka kesempatan bagi pemerintah daerah untuk mengajukan formasi guru PPPK hingga 1,1 juta guru. Namun pemerintah daerah mengajukan formasi guru PPPK kurang dari 50% kebutuhan guru setiap tahunnya.

Tahun 2021, dari kebutuhan sebesar 1,1 juta, pemda hanya mengajukan 506 ribu. Sedangkan Tahun 2022, dari kebutuhan sebesar 781 ribu guru, tetapi pemda hanya mengajukan 319 ribu.

Terdapat 60 pemerintah daerah yang telah mengajukan formasi guru PPPK memenuhi 100% kebutuhan guru di wilayah masing-masing.

Pada tahun 2023, Kemendikbudristek telah menghitung kebutuhan guru sebesar 662.919 guru PPPK. Terkait hal tesebut, pemerintah daerah diharapkan untuk mengajukan formasi guru sebesar 100% kebutuhan. Anggaran gaji dan tunjangan melekat guru PPPK telah menjadi bagian dari transfer daerah.

Jika pemerintah daerah tidak mengajukan formasi sesuai kebutuhan, maka pemerintah pusat akan melengkapi jumlah formasi guru PPPK.

UU APBN dan Peraturan Menteri Keuangan mengatur bahwa anggaran gaji dan tunjangan melekat bagi PPPK tidak bisa digunakan untuk hal lain. DAU untuk gaji PPPK ditransfer setelah pemerintah daerah melakukan pengangkatan, sesuai jumlah PPPK yang diangkat.

Baca : Syarat PPG bagi Guru Dalam Jabatan yang Memiliki Sertifikat PGP

Paparan materi rencana seleksi pengadaan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja formasi Guru Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut,

Unduh

Demikian paparan materi rencana seleksi pengadaan ASN PPPK Guru Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts