Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) PAUD

Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) PAUD

Read More

Amongguru.com. Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar untuk memastikan mutu pendidikan Indonesia.

Saat ini, Rapor Pendidikan telah dilengkapi dengan fitur Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD), berisi rekomendasi langkah-langkah pembenahan yang dibuat khusus untuk Satuan Pendidikan masing-masing,

Ketika Anda berhasil mengunduh lembar rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada laman tindak lanjut, Anda dapat mengikuti paduan berikut untuk membaca dan mengisi lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang sudah berhasil diunduh.

Baca : Pertanyaan yang Sering Muncul FAQ tentang Rapor Pendidikan

Setelah berhasil di unduh, Anda akan mendapatkan 1 file excel yang berisikan 8 lembar yang dapat digunakan oleh satuan PAUD ketika akan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu sebagai berikut.

1. Baca Aku

Berisi panduan atau tata cara untuk membaca dan cara mengisi/menggunakan lembar rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) satuan PAUD.

2. Lembar 1 Evaluasi Diri

Berisi tentang panduan untuk melakukan Evaluasi, selain itu pada lembar ini satuan PAUD juga dapat mengetahui sejauh mana posisi satuan pendidikannya di masing-masing indikator. Lembar ini juga dapat dimaknai sebagai instrumen refleksi bagi Kepala Satuan Pendidikan dan Guru.

3. Lembar 2 Identifikasi

Berisi tentang panduan untuk melakukan Identifikasi (memilih dan menetapkan masalah), ini juga merupakan lembar untuk menentukan indikator kinerja mana yang ingin disediakan dan dikuatkan dalam perencanaan dan penganggaran satuan PAUD Anda selama satu tahun ke depan.

4. Lembar 3 Identifikasi, Refleksi, Benahi – Rencana Kerja Tahunan (IRB-RKT)

Berisikan tentang pemetaan indikator yang menjadi fokus perencanaan (Identifikasi), akar masalah penyebab kondisi tersebut (Refleksi) serta menentukan kegiatan yang dapat menjadi solusi terhadap akar masalah (Benahi).

Baca : Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dikdasmen

Rangkuman ketiga hal tersebut merupakan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) yang memiliki bentuk jauh lebih sederhana karena hanya terdiri dari satu tabel dengan empat kolom. RKT juga berfungsi sebagai dokumen perencanaan untuk satu tahun ke depan.

5. Lembar 4 Rancangan RKAS

Lembar ini digunakan untuk membantu satuan PAUD merencanakan penggunaan kegiatan yang memerlukan anggaran dengan lebih rinci. Informasi di dalam lembar ini nantinya dapat menjadi rujukan saat satuan PAUD melakukan input rencana kegiatan dan anggaran (RKAS) ke dalam ARKAS di tahun 2023.

6. Lembar Kode kegiatan benahi

Berisikan uraian dan kode-kode kegiatan untuk tahap benahi.

7. Lembar Deskripsi Kegiatan Benahi

Berisikan menu benahi prioritas PAUD yang dapat dijadikan referensi utama satuan pendidikan untuk memilih masalah, merumuskan akar masalah dan menetapkan kegiatan yang akan dilakukan.

8. Lembar Daftar Kegiatan RKAS

Berisikan daftar kegiatan yang dapat dimasukkan ke dalam ARKAS

Source : https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id.

Demikian Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) PAUD. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts