Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dikdasmen

Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dikdasmen

Read More

Amongguru.com. Sebagai bentuk penerapan Perencanaan Berbasis Data (PBD) melalui platform, Kemendikbudristek menyediakan halaman otomasi yang dapat Anda unduh melalui Platform Rapor Pendidikan.

Anda dapat mengikuti panduan berikut untuk membaca dan mengisi lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang sudah berhasil di unduh, sebagai berikut.

1. Setelah berhasil di unduh Anda akan mendapatkan 3 (tiga) file excel;

a. Laporan Rapor Pendidikan yang berisi keseluruhan indikator dan nilai yang dicapai oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil Asesmen Nasional.

b. Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang berisi rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) dengan menampilkan 5 indikator terpilih (Literasi, Numerasi, Karakter, Keamanan, dan Kebhinekaan) yang menjadi prioritas Kemdikbudristek

c. Uraian kegiatan ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berupa rekomendasi kegiatan yang dapat dilaksanakan satuan pendidikan dan kode kegiatan ARKAS terkait

2. Pada file Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD), terdapat 3 lembar yang dapat Anda pergunakan, yakni;

a. Panduan Membaca: Berisi panduan atau tata cara untuk membaca daftar indikator, kategori capaian, nilai capaian, akar masalah atau rekomendasi program yang ada pada lembar prioritas rekomendasi dan seluruh rekomendasi.

b. Prioritas Rekomendasi: Berisi 5 AKAR MASALAH UTAMA berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1, lembar ini juga bertujuan untuk MEMANDU SATDIK mengidentifikasi prioritas masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan.

c. Seluruh Rekomendasi: Berisi seluruh akar masalah berdasarkan nilai terendah dari masing-masing indikator prioritas level 1, lembar ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang masalah yang ada di satuan pendidikan, detail akar masalah, serta cara membenahi masalah tersebut.

3. Uraian kegiatan ARKAS untuk tindak lanjut Perencanaan Berbasis Data (PBD), file ini digunakan jika Anda ingin menganggarkan program yang direkomendasikan pada file Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) ke dalam ARKAS. Pada file ini terdapat 2 lembar yang  dapat Anda pergunakan, sebagai berikut.

a. Uraian Kegiatan: Berisi tentang detail Benahi dan pemetaannya yang dapat dicontoh pada kegiatan ARKAS

b. Lembar Kerja ARKAS: Berisikan kolom-kolom yang harus diisi oleh satuan pendidikan dan dapat dijadikan rujukan saat menginput rencana kegiatan dan anggaran (RKAS) kedalam ARKAS.

Source : https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id.

Baca : Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) PAUD

Demikian Panduan Membaca Lembar Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dikdasmen. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts