Naskah Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Naskah Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Read More

Amongguru,com. Renungan dan Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus. Terkait dengan kegiatan tersebut, berikut ini dibagikan contoh naskah renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022.

Acara Renungan dan Ulang Janji diisi dengan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji (Satya Pramuka).

Acara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka ini dapat diikuti oleh pramuka penegak, pramuka pandega, dan pramuka dewasa.

Berikut ini adalah contoh naskah renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Indonesia Ke-61 Tahun 2022.

A. Naskah Renungan

TEKS RENUNGAN
PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-61
TAHUN 2022

Dalam suasana keheningan alam,  sebersit cahaya merona semilir angin berhembus pelan, menuai lembut ketabahan hati Menempa diri kehidupan insani. Redup, tenang, insan terjaga kita semua berada di kawah candra dimuka ini sebagai saksi perjuangan suci

Tak terasa 61 tahun akan berlalu Saat terbentuk Praja Muda Karana yang siap sedia mempersiapkan kaum muda untuk berkarya membangun negara bangsa, agama, dan keluarga

Keindahan suasana malam ini adalah wahana merenung diri, mengingat kembali makna pandu sejati mengemban tugas suci bakti diri Ibu Pertiwi.

Sentuhan semilir angin membawaku Bertanya tugas-tugas mulia diriku. Apa yang sudah kuberikan kepada bangsaku? Apa yang sudah kuperbuat untukmu
negaraku?

Suatu pertanyaan yang harus dijawab Pramuka harapan bangsa. Dipundak kita tertumpu tanggung jawab dan tugas suci mempersiapkan kaum muda yang berbudi pekerti luhur untuk berkarya dalam kehidupan yang semakin banyak tantangan.

Mampukah mewujudkan cita-cita mulia? Janji dan ketentuan moral yang terpancar disertai Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, adalah jawabannya.

Praja Muda Karana Ksatria Bangsa, esok lusa akan kutanamkan benih-benih kebajikan Akan kutaburkan warna keluhuran jiwa

Akan kulaksanakan janji ”Tri Satya”. Pengabdian adalah segala-galanya kepada Tuhan. kepada Negara, kepada bangsa, kepada masyarakat, kepada keluarga untuk ikut menciptakan masyarakat adil makmur, dan mewujudkan masa depan yang lebih gemilang.

JAYALAH PRAMUKA, JAYALAH INDONESIA

Baca : Susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

B. Naskah Ulang Janji

NASKAH ULANG JANJI
PERINGATAN HARI PRAMUKA KE – 61
(Dibacakan oleh Kakak Pembina)

Kakak-kakak dan adik-adik, warga gerakan pramuka yang berbahagia.

Pada malam yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang maha esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-nya kepada kita semua.

Setelah kita merenungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengobarkan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi tercapainya tujuan bangsa, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Selanjutnya sebelum melaksanakan ulang janji marilah kita tundukkan kepala, mohon kepada tuhan yang maha esa agar apa yang akan kita Satyakan mendapat ridho dan bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berdo’a dipersilahkan ……….

Amin. Selesai.

Kakak-kakak dan adik-adik sekalian,

Marilah kita pegang sang merah putih yang ada di dada dengan Tangan kanan, kita lekatkan ke dada sebelah kiri, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak, kita akan selalu ingat, bahwa di pundak kita, dipercayakan tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan Janji Pramuka Indonesia, sebagai tanda kesungguhan janji kita.

Ikuti kata-kata saya

Tri satya

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-Sungguh

  • menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila;
  • menolong sesama hidup/, dan ikut serta membangun masyarakat.
  • menepati Dasa Darma .

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan kekuatan kepada seluruh anggota gerakan pramuka Indonesia.

Amien

Demikian contoh naskah Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts