Macam-Macam Kelainan Gangguan atau Penyakit Otot Manusia Kelas 5

Macam-Macam Kelainan Gangguan Atau Penyakit Otot Manusia – Rangkuman materi pembelajaran 5 tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya kelas 5 SD. Pembahasan kali merupakan lanjutan dari materi sebelumnya, di mana kita telah mengulas tentang Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

Ayo Mengamati!

Read More

Macam-Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia

1. Hipertrofi

Macam-Macam Kelainan Gangguan atau Penyakit Otot Manusia

Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.

2. Atrofi

Penyakit Otot Manusia

Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.

3. Stiff/kaku leher

Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher

Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.

4. Tetanus

Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani

Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.

Ayo Berkreasi !

Coba kamu amati kembali gambar tentang kelainan organ gerak manusia di atas. Amatilah salah satu gambar kelainan otot. Kemudian buatlah model sederhananya dengan menggunakan tanah liat.

Langkah kerja:
1. Siapkan tanah liat dan air.
2. Campur dan aduklah tanah liat dengan air.
3. Remas-remas atau injak-injaklah tanah liat yang sudah tercampur air tersebut dan pastikan sampai lengket. Jangan sampai encer atau masih terlalu kasar.
4. Bentuklah adonan tanah liat tersebut menyerupai tokoh manusia yang mengalami kelainan tulang lardosis, skoliosis, dan kifosis.
5. Setelah terbentuk, keringakan dengan menganginanginkannya. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari karena akan menyebabkan terjadinya retakan dan pecah.
6. Setelah kering bersihkan dan berilah warna yang sesuai.

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Dengan mengetahui berbagai kelainan dan gangguan pada otot manusia beserta penyebabnya, kita jadi bisa lebih berhati-hati dalam melakukan setiap gerakan dalam suatu kegiatan.

Demikian pembahasan materi tentang empat macam kelainan gangguan atau penyakit otot manusia. Semoga bermanfaat, Terimakasih. Baca juga : Ide Pokok Teks Salah Bantal

Adblock test (Why?)

Related posts