Logo Hari Santri Tahun 2022 dan Filosofinya

Logo Hari Santri Tahun 2022 dan Filosofinya

Read More

Amongguru.com. Logo Hari Santri 2022 telah dipublikasikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui laman resminya, https://kemenag.go.id.

Logo Hari Santri 2022 ini akan menjadi identitas visual dalam peringatan Hari Santri 2022 yang puncak acaranya dilaksanakan pada 22 Oktober 2022.

Hari Santri rutin diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Penetapan Hari Santri ini dimaksudkan untuk meneladani semangat jihad kepada santri tentang ke-Indonesiaan yang digelorakan para ulama.

Dasar Pemikiran

Santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah. Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu didoakan Kai Subchi Parakan, Temanggung, mereka tidak gentar melawan musuh.

Di Surabaya, Resolusi Jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy’ari membakar semangat pemuda pemudi Surabaya melawan Belanda. Resolusi Jihad Kiai Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 945 silam, yang terhubung dengan peristiwa 10 November yang dikenang sebagai Hari Pahlawan, adalah cikal bakal ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Santri.

Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. Kiai Wahid Hasyim, Menteri Agama RI pertama adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal kemerdekaan.

Dialah bersama-sama santri lainnya, yang memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di Indonesia.

Berdekade-dekade pascakemerdekaan Indonesia, santri lebih semnagat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, sosial, dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

Sejarah mencatat abhwa salah satu presiden Indonesia adalah seorang santri, yaitu Kiau Abdulrrahman Wahid. Bahkan saat ini, wakil presiden Indonesia, Kiai Ma’ruf Amin, adalah seorang santri.

Catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja, sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan ilmu keagamaan tidaklah akurat.

Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi dan memiliki keahlian bermacam-macam. Mereka bahkan banyak yang menguasai bidang ilmu pengetahuan umum dan teknologi, sesuatu yang mungkin terbayangkan di masa-masa yang lalu.

Tidak hanya di Arab, mereka kini belajar di belahan dunia yang lain, seperti Amerika, Eropa, dan Australia. Ainun Najib, santri asal Gresik yang bekerja di grab Singapura, yang namanya disebut Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu, adalah contoh baik untuk hal ini. Selain Ainun Najib, tentu masih banyak/

Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakinya.

Bagi santri, agama adalah mata air yang selau mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung martabat kemanusiaan.

Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdz al-nafs adalah salah satu tujuan yang diturunkannya di muka bumi (maqashid al syarifah).

Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri selalu menjujung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Tema dan Logo Hari Santri Tahun 2022

Tema Hari Santri 2022

Tema Peringatan Hari Santri 2022 adalah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” Tema tersebut mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Meskipun menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama,” sebut Menag. Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Logo Hari Santri 2022

Visualisasi logo Hari Santri 2022 adalah sebagai berikut.

Filosofi Logo

Logo peringatan Hari Santri 2022 mengandung filosofi: merangkul (melindungi, peduli), jabat tangan (saling membantu), daun (energi dan harapan), _infinity_ (tak hingga), matahari (sumber energi, daya yang tak habis), dan mata (melihat dan mengamati)

MERANGKUL
Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.
JABAT TANGAN
Makna keakraban dalam setiap pertemuan. saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain
DAUN
Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan.
INFINITY
Simbol takhingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep takhingga.
MATAHARI
Selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia, merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, daya yang tak akan pernah habis
MATA
Indera Penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan disekitar. Melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.

Pedoman identitas visual, tema, dan logo Hari Santri Tahun 2022 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Adblock test (Why?)

Related posts