Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 32 33 34 36 37 39 40 Pembelajaran 5 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Di Buku Tematik

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 SD MI halaman 32 33 34 36 37 39 40, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 32 sampai 40 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 32 33 34 36 37 39 40

Read More

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 32

Di manakah padi dan teh biasa tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?

PADI

Padi umumnya tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup. Sinar matahari dan suhu sangat mempengaruhi tanaman padi. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23°C.

Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0-1.500m di atas permukaan laut. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah berlumpur yang subur dengan ketebalan 18-22cm. Diperlukan pengairan yang cukup agar padi dapat tumbuh dengan baik.

TEH

Teh umumnya tumbuh di daerah pegunungan. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh adalah berkisar 13°C – 15°C dengan curah hujan tahunan tidak kurang dari 2.000 mm3.

Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman teh. Bila suhu mencapai 30°C, maka akan memperlambat pertumbuhan tanaman teh.

Tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik dan biasanya terletak di lereng-lereng gunung atau perbukitan.

Apa kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas? Jawab : Tanaman teh tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13-15 derajat celsius.

Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh? Jawab :  Padi tumbuh baik di daerah berhawa panas, sedangkan teh tumbuh baik di daerah berhawa dingin.

Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan? Jawab : Padi dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan apabila tanah di daerah pegunungan tersebut banyak mengandung praksi pasir, debu, dan lempung.

Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu. Jawab :  Teh dapat tumbuh dengan baik di daerah persawahan yang bersuhu dingin dengan tanah banyak mengandung bahan organik.

Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan. Jawab : Ya keadaan iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, suhu dan kandungan unsur tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik? Jawab : Sebelum menanam tumbuhan, kita perlu memperhatikan: kualitas tanaman itu sendiri, kualitas tanah, kondisi lingkungan (suhu), cuaca (Hujan atau Kemarau), dan perawatan tanaman.

Tukarkan jawabanmu dengan temanmu dan diskusikan jika terdapat perbedaan.

Kunci Jawaban Tema 3 kelas 4 Halaman 33

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).

Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).

Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut.

Jawab : buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 3 kelas 4 Halaman 34

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut? Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut? Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa? Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?

Jawaban secara lengkap bisa kalian lihat DISINI.

Kunci Jawaban Tema 3 kelas 4 Halaman 36 dan 37

Amati 3 karung beras berikut.

Kunci Jawaban soal tema 3 kelas 4 di halaman 36

Taksirlah berat karung A dan B jika digabungkan. Jawab : Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6. Hasil penjumlahan = 8 + 6 = 14 kg.

Taksirlah berat karung A dan C jika digabungkan. Jawab : Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil penjumlahan = 8 + 4 + 12 kg.

Taksirlah berat karung A, B, dan C jika digabungkan. Jawab : Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil penjumlahan = 8 + 6 + 4 = 18 kg

Taksirlah selisih berat karung A dan B. Jawab : arung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6. Hasil pengurangan = 8 – 6 = 2 kg.

Taksirlah selisih berat karung A dan C. Jawab : Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil pengurangan = 8 – 4 = 4 kg

Taksirlah selisih berat karung B dan C. Jawab : Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil pengurangan = 6 – 4 = 2 kg.

Tahukah kamu bahwa untuk menaksir pecahan, kamu harus mengenal pecahan acuan? Cermati kembali pecahan acuan yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Gambarkan pecahan acuan tersebut pada kolom berikut.

Kunci Jawaban Tema 3 kelas 4 Halaman 38 Sampai 39

Taksirlah penjumlahan dan pengurangan pecahan berikut. Jawab :
1. 2 1/4 + 1 1/3 = 2 + 1 = 3
2. 1/4 + 1 1/3 = 0 + 1 = 1
3. 2 1/4 – 1 = 2 – 1 = 1
4. 4 3/4 – 2 = 5 -2 = 3

5. Buatlah soal cerita tentang penjumlahan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil penjumlahan pecahan dalam soal cerita tersebut.

Jawaban contoh soal : Ibu berbelanja di pasar membeli 1/4 kg bawang merah , 1 1/4 kg bawang putih, 1/2 kg dan 4/5 kg minyak goreng. Berat seluruh belanjaan ibu kira-kira …kg.

6. Buatlah soal cerita pengurangan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil pengurangan pecahan tersebut.

Jawaban contoh soal : Budi memiliki tali sepanjang 3 7/8  m. Kemudian tali tersebut dipotong 1 3/7  m, maka sisa tali Budi kira-kira … m.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Tulis karakteristik lingkungan alam yang ada di sekitar rumahmu dan sebutkan tumbuhan apa saja yang tumbuh di sana.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 4 SD di buku paket tematik halaman 32 33 34 36 37 38 39 40. Semoga bermanfaat dan berguna. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 41 42 43 45 46 Subtema 1 Pembelajaran 6

Adblock test (Why?)

Related posts