Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 74 75 78 79 Pembelajaran 4 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan

Kunci jawaban tema 2 kelas 5 SD halaman 74 75 78 79, tepatnya pada rangkuman materi pembelajaran 4 subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan. Untuk mengerjakan soal-soal tersebut, baca terlebih dahulu pembelajarannya secara lengkap di buku tematik siswa mulai dari halaman 74 sampai 79.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Halaman 74 75 78 79

Read More

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 74 Sampai75

Sebenarnya Ade tahu dan mengerti, setiap hari Kak Nina selalu membantu Ibu menyiapkan makanan untuk dijual. Mengantarkan ke warung-warung dengan mengendarai sepeda sebelum pergi ke sekolah. Ade juga tahu, Kak Nina sering terlambat tiba di sekolah karenanya. Tetapi anehnya Kak Nina tidak pernah tertinggal pelajarannya. Kak Nina di rumah selalu mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah. Dan rasa-rasanya, Kak Nina adalah orang yang paling baik di rumah ini. Dan Ade tidak pernah merasa iri bila Kak Nina dibelikan sesuatu sedang dia sendiri tidak.

Tetapi sekarang ini, pagi hari ini, Ade bersungut-sungut. Kak Nina sakit, berarti tidak berangkat ke sekolah dan tidak ada yang mengantar dagangan ke warung-warung. Ibu sudah lama tidak bisa pergi ke mana-mana karena mudah sakit kepala. Satu-satunya yang bisa diharapkan adalah Ade. “Apa Ade tidak ingin membantu ibu? Sekali ini saja, selagi Kakakmu sakit, De…,” Ibu berkata dengan penuh harap.

“Ade hari ini ada ulangan, Bu. Harus berangkat lebih awal… Semalam tidak sempat banyak belajar…,” jawab Ade sambil menyiapkan buku-bukunya. Wajahnya tampak cemberut. Ibu menarik napas panjang mendengar alasan yang diberikan Ade. Kalau sudah demikian, mau apa lagi? “Biarlah saya sendiri saja, Bu. Rasanya kepala saya sudah tidak pening lagi,” seru Kak Nina dari dalam kamar. Mendengar suara Kak Nina, Ibu lalu meninggalkan Ade yang masih berwajah cemberut.

“Betul kau sudah sehat, Nina? Ibu khawatir nanti malah tambah sakitmu,” kata Ibu. Kak Nina bangkit perlahan dari tempat tidurnya lalu pergi ke kamar mandi. Ibu hanya mengawasi dari belakang sambil menggendong adiknya yang masih bayi.

“Kenapa tidak kau bilang dari tadi kalau badanmu tidak sehat, Nin? Kalau saja kau bilang selagi Bapak belum berangkat, pasti Bapakmu yang mengantarkan kue-kue dagangan kita ini…,” bisik Ibu.

Ayo Menulis

Berdasarkan cerpen “Tanggung Jawab Ade”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa tokoh dalam cerpen “Tanggung jawab Ade”?
2. Berapa anggota keluarga Ade?
3. Siapa yang biasa mengantar kue setiap pagi ke warung-warung?
4. Apa yang terjadi pada Kak Nina?
5. Bagaimana Ade menolak permintaan itu untuk menggantikan tugas Kak Nina?
6. Mengapa Ade tidak mau menggantikan tugas Kak Nina?
7. Di mana Ade menunggu sebelum berangkat ke sekolah?
8. Mengapa Ade merasa gundah saat berlangsung pelajaran di sekolah?
9. Apa yang dilakukan Ade setiba di rumah kembali?
10. Apa yang dikatakan Kak Nina kepada Ade?

Jawaban :

1. Tokoh-tokohnya meliputi Ibu, Kak Nina, Bapak, Ade, Alip, Yova, Tina, Ninuk, Mama Yova, Papa Yova, adik Yova, Bi Icih, dan Pak Adi.

2. Anggota keluarga Ade itu ada 5, yaitu ada bapak, ibu, kak Nina, Ade, dan adik bayi.

3. Kak Nina.

4. Kak Nina Sakit.

5. Ade berpura pura ada ulangan di sekolah.

6. karena Ade merasa malu harus mengantar kue-kue ke warung.

7. Menunggu di rumah Yova sebelum berangkat ke sekolah..

8.  Karena Ade ingin segera menjenguk Kak Nina.

9. Ade langsung menuju kamar kak Nina setiba di rumah kembali.

10. Kak Nina memaafkan Ade dan meminta Ade untuk tidak mengulanginya kembali.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 78

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui kegiatan ekonomi masyarakat. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Menurutmu, apa pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat?
2. Apakah kegiatan ekonomi dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat? Bagaimana penjelasanmu?

Lihat jawaban soal di atas lengkap DISINI

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 79

Ayo Renungkan

Apa jenis kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang ada di lingkungan sekitarmu? Isilah tabel berikut!

Jawaban :
Jenis kegiatan produksi seperti sebuah produsen susu memeras susu dari sapi. Jenis kegiatan konsumsi seperti melakukan konsumsi terhadap minuman. Kegiatan distribusi seperti sebuah pabrik yang melakukan penjualan kayu ke berbagai negara.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 5 halaman 74 75 78 79 di buku paket tematik pembelajaran 4 subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan. Silahkan kalian lihat dan buka link-link tersebut untuk membaca pembahasannya. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)

Related posts