Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59 60 63 64 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Buku Tematik

Kunci jawaban soal Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 59 60 63 64, Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 59 sampai dengan 64 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59 60 63 64 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 5 Buku Tematik

Read More

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.

Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong. Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

Jawab:

Daftar Pertanyaan Tentang Suku Minang

1. Di mana kelompok etnis Suku Minang berasal?
2. Apa sebutan atau nama lain dari kelompok Suku Minang?
3. Bahasa apa yang digunakan sebagai dialek masyarakat Minang?
4. Bagaimana kebiasaan masyarakat Minang?
5. Apa nama legenda yang terkenal dari Suku Minang?
6. Apa yang dimaksud dengan Rumah Gadang?
7. Sebutkan nama alat musik tradisional yang dimiliki Suku Minang dan cara memainkannya!
8. Sebutkan nama tarian khas yang dimiliki Suku Minang!
9. Apa nama makanan khas Suku Minang?
10. Bagaimana makanan khas Suku Minang tersebut?

Jawaban pertanyaan diatas :

1. Suku Minang berasal dari Provinsi Sumatera Barat.
2. Suku Minang disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak.
3. Bahasa yang digunakan oleh Suku Minang adalah Bahasa Minang.
4. Masyarakat Minang memiliki kebiasaan atau kegemaran berdagang dan merantau ke daerah lain.
5. Legenda yang terkenal dari Suku Minang adalah Malin Kundang.
6. Rumah Gadang adalah rumah adat yang snagat khas dari Suku Minang. Rumah Gadang terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok.
7. Nama alat musik tradisional yang dimiliki Suku Minang yaitu Talempong dan Saluang. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Sedangkan, Saluang dimainkan dnegan cara ditiup.
8. Nama tarian khas yang dimiliki Suku Minang yaitu Tari Pasambahan dan Tari Piring.
9. Nama makanan khas Suku Minang yaitu Sate Pdang dan Dendeng.
10. Makanan khas Suku Minang, Sate Padang dan Dendeng, sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

Contoh Jawaban:

DKI Jakarta

Keragaman Sosial Budaya
1. Makanan khas : Kerak Telor, Ketoprak Betawi, Daging Asam, Talam Ebi, Nasi Ulam, Geplak
2. Tari : Tari Yapong, Tari Topeng Betawi, Tari Cokek, Tari Lenggang Nyai, Tari Japin, Tari Ondel-Ondel, Tari Ronggeng Blantek
3. Rumah adat : Rumah Kebaya dan Rumah Gudang
4. Senjata : Golok
5. Lagu Daerah : Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung, Keroncong Kemayoran, Surilang, Terang Bulan, Keroncong Kemayoran, Ondel Ondel, Ronggeng, dan Sirih Kuning, Wak-wak Gung, Sayur Asem
6. Suku : Betawi
7. Bahasa : Betawi
8. Pakaian Adat : Baju Sadariah dan Baju Kurung
9. Alat Musik : Tehyan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 63

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut. Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.

Amati dan baca keterangan pada gambar berikut.

Gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

Gerakan F

gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk

Tangan kanan di bahu dan tangan kiri di paha. Ditepuk dua kali secara bersamaan. Lakukan secara bergantian kanan dan kiri. (Hitungan 4×8)

Gerakan G : Tangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku. Tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku. Kemudian tepuk 2X. Lakukan secara bergantian (Hitungan 2×8)

Gerakan H : Kedua tangan tepuk lurus ke depan. Tepuk ke tengah. Tepuk ke atas. Tepuk ke tengah. Ketika tepuk atas badan diangkat. Hitungan 4×8

Gerakan I : Kedua tangan memegang lantai, serong ke kanan dan ke kiri. Ditarik ke atas tangan lurus serong ke kanan dan ke kiri. Bergantian. Hitungan 2×8

Ayo Berdiskusi

Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut.

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.

Jawab: buka DISINI

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?

Jawab: Ya, dalam tangram terdapat segi banyak beraturan yaitu persegi. Karena persegi mempunyai sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 64

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut.

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD MI halaman 59 60 63 64 pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 66 67 68 69 70 71 72 73 74 Pembelajaran 6 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Adblock test (Why?)

Related posts