Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 35 36 37 39 40 41 42 43 44 45 Pembelajaran 3 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Buku Tematik

Kunci jawaban tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 36 37 39 40 41 42 43 44 45, pembelajaran 3Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi  tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 35 sampai dengan 45 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 35 36 37 39 40 41 42 43 44 45 Pembelajaran 3 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Buku Tematik

Read More

Tahukah kamu, bahwa Indonesia juga kaya dengan permainan tradisional? Bacalah teks berikut sebelum kamu mempraktikkannya!

Benteng-Bentengan

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.

Gobak Sodor

Materi Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4

Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.

Tahukah kamu bahwa untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat?

Perhatikan penjelasaan dan cara gurumu memperagakan teknik berjalan, berlari, dan melompat yang baik agar kamu dapat bermain dengan baik. Sekarang saatnya kamu bermain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan arahan dari guru.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 35 – 36

Ayo Berdiskusi!

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!

1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan! Jawab: Permainan tersebut sangat mudah dimainkan dan dapat melatih kerjasama tim.

2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut? Jawab: Aturan permainan benteng-bentengan dan gobak sodor : buka DISINI

3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?

Jawab: Seperti pada perang, benteng dan gobak sodor membutuhkan strategi untuk memenangkan permainan. Salah satu strategi permainan ini adalah membagi anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga ‘benteng’ harus menjaga benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team.

4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?

Jawab: Ketika kelompok kita menang bersyukurlah dan jangan sombong karna kemenangan tidak akan selamanya kita pegang. Ketika kalah, terimalah hasil yang ada, bersyukurlah sudah bisa mengikuti kompetisi itu, dan memberi semangat kelompok agar di kompetisi selanjutnya bisa lebih baik dan jangan lupa beri selamat pada kelompok yang memenangkan. yang terpenting terima hasil apa adanya jangan menyombongkan hasil yang kita dapatkan

5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?

Jawab: Dari permainan tersebut kita dapat belajar bagaimana bergotong royong dan kerjasama tim. Dengan kerjasama permainan dapat berjalan dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 37

Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

Contoh pertanyaan dan jawaban: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 39 – 40

Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!

Percobaan 1

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui udara. Alat dan bahan: Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah kerja:
1. Pegang salah satu ujung selang dan minta temanmu memegang ujung lainnya.
2. Dekatkan ujung slang ke telinga.
3. Minta temanmu berbicara melalui ujung slang yang ia pegang.
4. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.

Percobaan 2

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda padat.
Alat dan bahan:
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan menggunakannya)

Langkah kerja:
1. Buatlah satu lubang kecil dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2 sampai 3 meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas plastik melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas plastik.
7. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.

Percobaan 3

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda cair.
Alat dan bahan:
1. Ember besar
2. Air
3. Batu koral
4. Corong kecil

Langkah kerja:
1. Isi ember dengan air hingga penuh.
2. Masukkan corong ke dalam ember hingga bagian bawahnya terendam. Usahakan corong tidak menempel pada ember.
3. Ketuklah salah satu sisi ember dengan menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian atas corong.
4. Dengarkan dan catat hasilnya.

Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan!

Contoh hasil percobaan:

Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan tema 1 kelas 4 halaman 39

1. Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita? Jawab: Bunyi dapat merambat melalui media benda cair, padat, dan gas.
2. Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi? Jawab: Benda yang dapat digunakan untuk merambatkan bunyi adalah beda padat, cair, dan gas.
3. Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa? Jawab: Bunyi yang dihasilkan dari setiap media berbeda-beda, karena setiap media dapat menghasilkan gelombang bunyi yang berbeda pula.
4. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi? Jawab: Bunyi memerlukan medium perambatan. Bunyi dapat merambat di benda padat, cair dan gas, tapi tidak dapat merambat di ruang hampa.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 41

Ayo menulis

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Nama Percobaan : Percobaan Perambatan Bunyi
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda cair.
Alat-alat : Ember besar, Air, Batu koral, Corong kecil

Langkah Kerja :

  1. Isi ember dengan air hingga penuh.
  2. Masukkan corong ke dalam ember hingga bagian bawahnya terendam.
  3. Usahakan corong tidak menempel pada ember.
  4. Minta bantuan temanmu mengetuk salah satu sisi ember dengan menggunakan batu secara perlahan.
  5. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian atas corong.
  6. Dengarkan dan catat hasilnya.

Hasil Percobaan : Batu dibenturkan di udara (di luar air) terdengar pelan, sedangkan batu yang dibunyikan dalam air terdengar lebih eras. Suara yang dihasilkan oleh kedua batu yang dipukulkan merambat melalui partikel-partikel air. Suara yang dihasilkan lebih pelan jika dipanding di luar air karena partikel air lebih padat.

Kesimpulan : Cepat rambat bunyi di air lebih cepat dibandingkan cepat rambat di udara, hal ini karena kepadatan partikel di air dan di udara berbeda (lebih rapat di zat cair)

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 42, 43, 44, 45

Ayo Mencoba

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan. Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Jawab: buka DISINI.

Kerja sama dengan orang tua : Cobalah lakukan salah satu percobaan tentang perambatan bunyi dirumah. Ceritakan hasilnya kepada teman dan gurumu di sekolah.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 4 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa halaman 35 36 37 39 40 41 42 43 44 45. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 46 47 48 49 50 52 53 54 55 56 57 Pembelajaran 4 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Adblock test (Why?)

Related posts