Kumpulan Latihan Soal Tes Potensi Skolastik TPS dan Pembahasannya

Kumpulan Latihan Soal Tes Potensi Skolastik TPS dan Pembahasannya

Read More

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan kumpulan latihan soal Tes Potensi Skolastik TPS UTBK dan Pembahasannya.

Kumpulan latihan soal Tes Potensi Skolastik TPS dan pembahasannya ini untuk membantu belajar calon mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Tes Berbasis Kompetensi (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kumpulan latihan soal Tes Potensi Skolastik TPS dan Pembahasannya ini berisi gambaran bentuk soal Tes Poitensi Skolastik UTBK.

Mulai tahun 2020, berdasarkan Surat Edaran LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 ditetapkan bahwa materi tes yang akan diujikan pada UTBK adalah Tes Potensi Skolastik.

Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif sendiri mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman. Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan kemampuan kognitif lainnya.

Tes Potensi Skolastik UTBK akan menguji 4 (empat) kemampuan calon mahasiswa, yaitu : (1) Penalaran Umum; (2) Pemahaman Bacaan dan Menulis; (3) Pengetahuan dan Pemahaman Umum; dan (4) Pengetahuan Kuantitatif.

Baca : Paket Soal dan Pembahasan Tes Potensi Skolastik TPS Persiapan UTBK 2023

Materi Penalaran umum akan mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan calon mahasiswa dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis (masuk akal).

Calon mahasiswa harus memahami bagaimana memperoleh informasi tak hanya dari paragraf atau teks, tapi juga dari kurva, grafik, dan tabel.

Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis mengukur kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep Matematika calon mahasiswa, terutama dalam kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis matematis. Materi kuantitatif mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Calon mahasiswa perlu memperluas wawasan dengan berbagai bacaan untuk mengetahui lebih banyak antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.

Sedangkan materi memahami bacaan dan menulis untuk mengukur kemampuan kita di bidang bahasa dan logika verbal. Calon mahasiswa harus memahami inti paragraf, pesan tersiratnya, dan simpulannya.

Kumpulan latihan soal Tes Potensi Skolastik TPS dan pembahasan selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 1

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 2

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 3

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 4

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 5

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 6

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 7

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 8

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 9

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 10

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 11

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 12

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 13

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik Paket 14

Demikian kumpulan latihan soal Tes Potensi Skolastik TPS UTBK dan pembahasannya. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts