Juknis Festival Pendidikan Agama Islam PAI SMA dan SMK Tahun 2022

Juknis Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA dan SMK Tahun 2022

Read More

Amongguru.com. Petunjuk Teknis Juknis Festival Pendidikan Agama Islam PAI SMA dan SMK Tahun 2022 telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan kegiatan Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi peserta didik SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Festival PAI SMA dan SMK berlangsung mulai tanggal 1 September hingga 4 November 2022.

Jenis lomba yang dikompetisikan dalam Festival PAI dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Islamic Trending Issues Debate Competition.

2. Islamic Content Creator Challenge on Social Media.

3. Moderasi Beragama Innovation Project.

Sebelum para peserta didik mengikuti perlombaan, para peserta Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 akan mendapatkan materi Coaching dan Mentoring PAI yang dilakukan secara synchronous dan asynchronous berupa materi-materi tentang pengenalan Moderasi Beragama dan wawasan pengembangan bakat minat sesuai kebutuhan peserta didik abad 21.

Latar Belakang

Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dimaksudkan sebagai wahana aktualisasi peserta didik yang lebih bersifat akademik, untuk menyerasikan antara penguasaan teori dengan kemampuan analisa- kritis terhadap berbagai fakta sosial yang terjadi di lapangan, dengan mengoptimalkan penggunaan Media dan teknologi.

Lomba yang akan dilaksanakan pada Festival PAI SMA dan SMK ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat para peserta didik dalam mendalami substansi dalam Pendidikan Agama Islam, melatih peserta didik agar memiliki struktur pemikiran yang logis dan sistematis dengan menggunakan media dan teknologi secara bijak.

Diharapkan melalui kegiatan ini, penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam di SMA dan SMK dapat berjalan secara lebih dinamis dan inovatif sesuai perkembangan zaman, sehingga makna Islam sebagai agama yang up to date sepanjang masa akan lebih membumi dan dapat dirasakan manfaatnya bagi semua insan, khususnya segenap civitas sekolah.

Dengan mengusung konsep Moderasi Beragama dalam tema besar di setiap lomba, diharapkan peserta didik khususnya jenjang SMA dan SMK dapat mengimplementasikan 9 (sembilan) nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Selain itu, para peserta diharapkan dapat memiliki kecakapan individu yang baik.

Maksud dan Tujuan

Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 diperuntukan bagi peserta didik tingkat SMA dan SMK, dimaksudkan sebagai wahana aktualisasi peserta didik dalam mengembangkan minat, bakat dan kreativitas berbasis teknologi yang bernafaskan Pendidikan Agama Islam.

Adapun tujuan lomba adalah sebagai berikut.

1. Tujuan Umum

Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, melalui pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam serta membentuk akhlak mulia, karakter bangsa, dan kepribadian sosial dalam kehidupan sehari-hari.

2. Tujuan Khusus

a. Meningkatkan motivasi peserta didik agar lebih bergairah untuk mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam.

b. Membangun ruang interaksi digital melalui keterhubungan dan jejaring antar peserta didik.

c. Menyediakan media pembelajaran PAI berbasis teknologi yang relevan dengan karakteristik peserta didik.

d. Meningkatkan wawasan, pemahaman dan keterampilan digital di bidang Pendidikan Agama Islam.

e. Mempromosikan nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Media Sosial.

f. Membekali langkah praktis dalam mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan sosial bermasyarakat di lingkungan peserta didik.

Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK merupakan ajang pertama yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerjasama dengan Sekolah.mu.

Di dalam kegiatan ini akan diselenggarakan 3 (tiga) jenis lomba, yaitu sebagai berikut.

1. Lomba Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issues Debate Competition).

2. Lomba Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challenge on Social Media)

3. Lomba Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project)

Di dalam kegiatan ini, peserta didik tidak hanya mengikuti lomba yang diselenggarakan, akan tetapi peserta didik diberikan pembekalan dan pelatihan baik dari sisi penguatan konsep substansi Keagamaan, metode penyampaian dakwah yang persuasif, pemanfaatan metode dakwah melalui media dan teknologi dan implementasi moderasi beragama dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Adapun tahapan pelaksanaan pada kegiatan Festival PAI SMA dan SMK sebagai berikut.

1. Launching Program Festival PAI SMA dan SMK.

2. Pendaftaran peserta.

3. Pelatihan dan pembekalan.

4. Penjurian babak penyisihan.

5. Penjurian final dan acara puncak Festival PAI SMA dan SMK.

Alur Festival PAI SMA dan SMK

Persyaratan Peserta

Peserta Festival PAI merupakan peserta didik aktif kelas X, XI, dan XII yang dibuktikan dengan surat keterangan aktif dari sekolah;

Mekanisme Pendaftaran

Peserta melakukan tiga kali registrasi. Pertama Daftar Festival untuk mendapatkan ID Peserta, kedua Daftar Coaching dan Mentoring untuk mengikuti Coaching dan Mentoring Moderasi Beragama dan Pengembangan Bakat dan Minat, ketiga Daftar Lomba untuk mendaftarkan karya yang akan diperlombakan.

Alur pendaftaran sebagai berikut.

1. Kunjungi laman https://belajaragama.id

2. Klik Event

3. Klik Festival

4. Klik Daftar Festival kemudian isi data yang diminta lalu Submit. ID Peserta Lomba akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan.

5. Klik Daftar Coaching dan Mentoring untuk mengikuti Coaching dan Mentoring Pengembangan Bakat Minat sampai mendapatkan sertifikat. Sertifikat mentoring akan menjadi syarat untuk mengirimkan karya yang mau dilombakan.

6. Setelah mendapatkan ID Peserta dan Sertifikat Coaching dan Mentoring serta telah memiliki karya yang mau dilombakan, peserta mengupload persyaratan dan karya dengan cara Klik Daftar Lomba pada masing-masing jenis lomba yang mau diikuti.

Coaching dan Mentoring

Moderasi beragama secara implementatif adalah sikap dan upaya menghindari perilaku yang ekstrem (baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri) dan selalu mencari jalan tengah dengan semangat mencari titik temu dari dua kutub dalam beragama.

Sikap tersebut harus diajarkan dan dibiasakan kepada peserta didik di sekolah dan masyarakat agar terbiasa menghadapi segala bentuk keragaman sebagai akibat dari kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural.

Salah satu ikhtiar untuk hal tersebut akan diselenggarakan Festival PAI SMA dan SMK untuk peserta didik pada sekolah secara nasional.

Di dalam Festival PAI SMA dan SMK peserta diberikan pembekalan moderasi beragama dan bakat minat sebagai bahan dalam mengikuti lomba Islamic Trending Issue Debat, Islamic Social Media Challenge, dan Islamic Moderasi Beragama Project bagi kelas X, XI dan XII SMA/SMK seluruh Indonesia yang memenuhi syarat kriteria masing-masing bidang lomba.

Output

1. Moderasi Beragama (MB)

Peserta dapat memahami makna Moderasi Beragama dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Moderasi Beragama dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan masyarakat.

2. Bakat minat (BM)

a. Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issue Debate Competition)

– Peserta dapat memahami nilai-nilai dan perkembangan isu moderasi beragama;
– Peserta mampu mempraktikkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari;
– Peserta dapat mempraktikkan tata cara debat yang beretika.

b. Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challenge on Social Media)

– Peserta dapat memahami nilai-nilai dan perkembangan isu moderasi beragama.

– Peserta mampu mempraktikkan nilai-nilai moderasi beragama yang dituangkan dalam bentuk konten di media sosial.

– Peserta mampu berpartisipasi aktif dalam mewarnai ruang media sosial dengan konten moderasi beragama.

Baca : Surat Edaran Pengumuman Hasil UKMPPG Periode III Tahun 2022

c. Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project)

– Peserta dapat menyusun dan mengembangkan proyek sosial Moderasi Beragama yang kreatif dan edukatif;

– Peserta dapat berkolaborasi dengan membangun jejaring sosial yang lebih beragam;

– Peserta dapat memberikan contoh praktik baik implementasi moderasi beragama di masyarakat.

Waktu Pelaksanaan

Surat Pemberitahuan dan Juknis Festival Pendidikan Agama Islam PAI SMA dan SMK Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

PPT Festival Pendidikan Agama Islam PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dapat di unduh di sini.

Demikian Juknis Festival Pendidikan Agama Islam PAI SMA dan SMK Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts