Jawaban Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya

Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 69 70 71 73 74 75 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apa yang Menyebabkan Sistem Subak Berhasil Meraih Perhatian Dunia di buku tematik.

Read More

Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada saat yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

Setelah melalui waktu yang sangat lama disertai pengorbanan besar seluruh rakyat Indonesia, akhirnya kemerdekaan dapat diwujudkan. Pada saat menjelang diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta oleh para pemuda pejuang Indonesia. Mereka dibawa dari Jakarta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tujuan penculikan adalah agar kedua tokoh penting ini terhindar dari pengaruh ancaman dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang.

Keeseokan harinya, kedua tokoh dikembalikan lagi ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, tentara Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah itulah, naskah proklamasi dirumuskan oleh tiga orang pemimpin golongan tua, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Muhammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Dari golongan muda, ada Sukarni, B.M. Diah, dan Mbah Diro. Setelah selesai ditulis, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.

Sejak saat itu, bangsa Indonesia hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Proklamasi tersebut, bangsa Indonesia mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajahan. Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 73

Berdasarkan bacaan peristiwa proklamasi kemerdekaan republik indonesia di atas dan sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?

Jawaban : Karena agar Indonesia terbebas dari penjajahan dan diakui oleh seluruh dunia sebagai negara berdaulat.

2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada peristiwa tersebut?
4. Tahukah kamu tentang peristiwa Rengasdengklok yang terjadi sebelum peristiwa proklamasi? Carilah informasi tentang peristiwa itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini

Jawaban, buka disini: Apakah Akibat Peristiwa Proklamasi Terhadap Kehidupan Bangsa Indonesia

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 73 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)

Related posts