Jawab: Perbedaan Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor Tema 2 Kelas 5 SD

Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor, pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 50 di buku paket tematik. Tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 1. Baca terlebih dahulu materi berikut agar kalian dapat menjawab soalnya.

Perbedaan Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor

Read More

Ayo Membaca

Lagu “Gugur Bunga” termasuk lagu bertangga nada diatonis minor. Tahukah kamu ciri-ciri lagu bertangga nada diatonis minor?

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam. Salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1. Lagu bersifat sedih.
2. Lagu kurang bersemangat.
3. Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6. Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 dan diakhiri nada 6.

Siapkan alat musik sederhana, misalnya pianika atau alat musik lain yang ada di daerahmu. Cobalah mainkan lagu “Gugur Bunga” dengan menggunakan alat musik.

Ayo Renungkan

Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor?

Kunci Jawaban

Perbedaannya yaitu tangga nada mayor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berturutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.

Sedangkan tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berturutan dalam tangga nada minor (asli) adalah: 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1, 1.

Demikian pembahasan soal tema 2 kelas 5 halaman 50. Baca juga pembahasan soal Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat. Semoga bermanfaat!

Adblock test (Why?)

Related posts