Jadwal Lengkap Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022 Kepala Sekolah dan Guru

Jadwal Lengkap Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022 Kepala Sekolah dan Guru

Read More

Amongguru.com. Berikut ini adalah jadwal lengkap Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022 untuk Kepala Sekolah dan Guru.

Survei Lingkungan Belajar menjadi salah satu komponen dalam Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022. Secara khusus, Survei Lingkungan Belajar merupakan pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Survei Lingkungan Belajar mengukur faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran, baik faktor yang secara langsung maupun tidak langsung.

Faktor yang secara langsung mempengaruhi pembelajaran, misalnya cara guru melaksanakan pembelajaran di kelas, sedangkan secara tidak langsung, seperti kepemimpinan kepala satuan pendidikan, iklim keamanan, dan iklim kebinekaan.

Oleh karena itu, Survei Lingkungan Belajar bertujuan mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. Survei Lingkungan Belajar akan mengukur iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebinekaan, dan kualitas pembelajaran pada tiap-tiap satuan pendidikan.

Prosedur Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Berikut ini adalah prosedur dalam pengisian Survei Lingkungan Belajar.

1. Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis

2. Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar

3. Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.

4. Halaman dashboard Survei Lingkungan Belajar dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/

5. Apabila bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pengisian survei lingkungan belajar dilakukan pada setiap tempat penugasan

Aspek Pengukuran Survei Lingkungan Belajar

Di dalam pelaksanaaannya, Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh kepala sekolah dan guru yang terdata di Dapodik. Kegiatan pengisian tersebut untuk mengumpulkan informasi seputar input, proses dan lingkungan belajar.

Terdapat lima aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar, yaitu iklim keamanan sekolah, iklim kebhinekaan sekolah, iklim sosial ekonomi, kualitas pembelajaran, dan pengembangan guru.

Berikut ini aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar dan indikator pengukurannya.

1. Iklim keamanan sekolah

a. Keamanan dan kesejahteraan peserta didik sikap

b. Keyakinan guru kebijakan dan program sekola

2. Iklim kebhinekaan sekolah

a. Praktik multikultural di kelas sikap

b. Keyakinan guru maupun kepala sekolah kebijakan dan program sekolah.

3. Indeks sosial ekonomi

a. Pendidikan orang tua

b. Profesi orang tua

c. Fasilitas belajar di rumah.

4. Kualitas pembelajaran

a. Manajemen kelas

b. Dukungan afektif

c. Aktivitas konekti

5. Pengembangan guru

a. Refleksi dan pengembangan pembelajaran

b. Dukungan untuk refleksi guru.

Cara Mengisi Survei Lingkungan Belajar

Setelah mendapatkan kartu login, guru dan kepala sekolah dapat melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar. Untuk mengetahui secara lengkap cara login dan cetak kartu Survei Lingkungan Belajar, silakan baca di sini.

Jadwal Survei Lingkungan Belajar

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis oleh Kemendikburistek, SLB Tahun 2o22 rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 untuk seluruh Kepala Sekolah dan Guru pada jenjang SD/Mi. SMP/MTs, dan SMA/MA.

Linimasa Survei Lingkungan Belahar untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik dapat dilihat pada skema berikut ini.

Berdasarkan linimasa tersebut di atas, maka berikut ini adalah jadwal lengkap pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022.

1. Survei Lingkungan Belajar Jenjang SMA/MA/SMK/Paket C Tahun 2022

Jadwal pengisian Survei Lingkungan Belajar ANBK Tahun 2022 untuk jenjang SMA/MA, SMK, dan Paket C dilaksanakn mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Agustus 2022.

2. Survei Lingkungan Belajar Jenjang SMP/MTs/Paket B Tahun 2022

Pengisian Survei Lingkungan Belajar ANBK Tahun 2022 untuk SMP/MTS Paket B dijadwalkan mulai tanggal 10 sampai dengan 20 Agustus 2022.

3. Survei Lingkungan Belajar Jenjang SD/MI Tahun 2022

Pelaksanaan pengisian Survei Lingkungan Belajar ANBK Tahun 2022 untuk SD/MI Paket A mulai tanggal 22 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Baca :

Demikian jadwal lengkap Survei Lingkungan Belajar Tahun 2022 Kepala Sekolah dan Guru. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts