Ide Pokok dan Kalimat Pengembang Bacaan Gerak Ikan dalam Air

Ide pokok dan kalimat pengembang bacaan gerak ikan dalam air, pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 11 12 14 17 18 19 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Organ Gerak Hewan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal nama hewan organ gerak dan fungsinya ikan, katak, burung, ular, kadal dan kambing di buku tematik.

Read More

Ide pokok dan kalimat pengembang bacaan gerak ikan dalam air

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17

Gerak Ikan dalam Air

Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Jawaban :

Paragraf Ide Pokok Kalimat Pengembang
1 Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.
2 Bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk
mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.
3 Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya

Ayo Renungkan

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
Paragraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan. Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu. Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Lihat jawaban soal di atas secara lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 5 SD halaman 17 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 organ gerak hewan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 11 12 14 17 18 19 Pembelajaran 2 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Adblock test (Why?)

Related posts