Format Rapor Laporan Hasil Belajar SD SMP SMA Kurikulum Merdeka

Format Rapor Laporan Hasil Belajar SD SMP SMA Kurikulum Merdeka

Read More

Amongguru.com. Pelaporan hasil penilaian atau asesmen Kurikulum Merdeka dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar (rapor). Rapor Kurikulum Merdeka disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian.

Laporan hasil belajar pada Kurikulum Merdeka paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik.

Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan mekanisme dan format pelaporan hasil belajar kepada orang tua/wali.

Pelaporan hasil belajar disampaikan sekurang-kurangnya pada setiap akhir semester. Selain itu, satuan pendidikan menyampaikan rapor peserta didik secara berkala melalui e-rapor/dapodik.

Rapor Kurikulum Merdeka dapat disesuaikan berdasarkan struktur kurikulum masing-masing jenjang. Deskripsi capaian kompetensi peserta didik berisi informasi tentang kompetensi yang sudah dicapai dan kompetensi yang perlu ditingkatkan. Deskripsi ditulis menggunakan kalimat positif dan memotivasi.

Untuk melengkapi pelaporan, satuan pendidikan dapat juga menambahkan bentuk laporan lainnya, seperti portofolio, diskusi/konferensi, pameran karya, dan skill passport.

Portofolio bertujuan untuk melihat perkembangan belajar peserta didik melalui dokumentasi hasil karya peserta didik. Isi portofolio adalah hasil karya yang dipilih oleh peserta didik berdasarkan hasil diskusi dengan pendidik. Portofolio juga perlu dilengkapi refleksi pendidik dan peserta didik terhadap pencapaian pembelajaran selama ini..

Diskusi/konferensi bertujuan untuk berbagi informasi capaian hasil belajar antara pendidik, peserta didik, dan orang tua. Diskusi/konferensi dapat dilakukan dalam suasana formal maupun informal.

Pameran karya berperan sebagai bentuk perayaan proses belajar dan juga sebagai asesmen sumatif. Di dalam pelaksanaan pameran karya, orang tua, komunitas sekolah, peserta didik dan pendidik dari sekolah lain dapat diundang untuk saling belajar dan mendapatkan umpan balik dari audiens yang lebih luas.

Skill passport merupakan catatan kompetensi yang dikuasai selama peserta didik belajar di SMK dan dunia kerja. Skill passport memudahkan peserta didik, pendidik, dan dunia kerja untuk menerapkan pengendalian berbasis identitas melalui catatan uji kompetensi yang dapat diverifikasi.

Format Rapor Laporan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka

Pengolahan dan pelaporan hasil asesmen untuk rapor Kurikulum Merdeka dilakukan dengan memanfaatkan hasil formatif dan sumatif. Terdapat dua jenis data, yaitu data hasil asesmen yang berupa angka (kuantitatif) serta data hasil asesmen yang berupa narasi (kualitatif).

Pengolahan hasil asesmen dalam bentuk angka (kuantitatif) didasarkan hanya pada hasil asesmen sumatif, sementara asesmen formatif berupa data atau informasi yang bersifat kualitatif, digunakan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan menyusun deskripsi capaian kompetensi.

Berikut ini adalah contoh format Rapor Laporan Hasil Belajar SD SMP SMA Kurikulum Merdeka. Format Rapor ini untuk memberikan gambaran mengenai bentuk laporan hasil belajar peserta didik pada Kurikulum Merdeka.

Format Rapor SD

Format Rapor SMP

Format Rapor SMA

Baca : Perbedaan Asesmen Diagnosis, Asesmen Formatif, dan Asesmen Sumatif

Demikian format Rapor Laporan Hasil Belajar SD SMP SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts