FAQ Kebijakan Umum SNPMB PTN Tahun 2023

FAQ Kebijakan Umum SNPMB PTN Tahun 2023

Read More

Amongguru.com. Kemendikbudristek telah melakukan berbagai transformasi Merdeka Belajar di semua jenjang, baik pendidikan dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Untuk menyelaraskan capaian perubahan tersebut, Kemendikbudristek telah menyusun arah baru transformasi dalam pendidikan tinggi salah satunya dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri menyatakan bahwa transformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya.

Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini diimplementasikan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat merdeka belajar guna mendorong peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya.

Baca : Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN D-III, D-IV, dan S-1 2023

Mekanisme Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) terbagi dalam tiga bentuk, yaitu : Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai hal tersebut, berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul (FAQ) tentang Kebijakan Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SBPMB PTN) Tahun 2023.

Latar belakang, tujuan dan urgensi Kemendikbudristek mengubah seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Apa tujuan yang ingin dicapai Kemendikbudristek dari kebijakan Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022 ini?

Tujuan dari kebijakan ini utamanya adalah menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka.

Kebijakan penerimaan mahasiswa baru PTN akan mendorong siswa di pendidikan menengah untuk belajar secara menyeluruh, fokus kepada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, lebih transparan, dan lebih terintegrasi.

Apakah skema seleksi baru ini akan menurunkan standar masuk PTN?

Seleksi masuk PTN yang baru menekankan kepada pembelajaran menyeluruh, penalaran, dan pemecahan masalah sehingga calon mahasiswa yang terjaring bukanlah orang-orang yang fokus pada hafalan maupun cara cepat mengerjakan soal, tetapi yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Bagaimana seleksi masuk PTN ini mampu menjamin calon mahasiswa memahami materi yang akan diajarkan pada prodi spesifik, sedangkan tes seleksi masuk PTN hanya dengan TPS?

Seleksi nasional berdasarkan tes yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris, menjamin calon mahasiswa memiliki penalaran, pemecahan masalah, serta kemampuan belajar yang tinggi sehingga dapat memahami materi yang akan diajarkan pada prodi spesifik.

Apa perbedaan antara skema masuk PTN yang baru dengan yang lama?

Seleksi nasional berdasarkan prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah yaitu pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio.

Seleksi nasional berdasarkan tes tidak lagi terdapat tes mata pelajaran dan berfokus pada pengukuran potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Tes ditekankan untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, bukan pada hafalan.

Sedangkan untuk seleksi secara mandiri, PTN diwajibkan mengumumkan tata cara seleksi kepada masyarakat dan membuat masa sanggah. Kemendikbudristek juga membuat kanal pelaporan whistleblowing system sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam mengawasi proses seleksi secara mandiri di PTN.

Bagi sekolah yang belum mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, apakah tes seleksinya disamakan dengan sekolah-sekolah yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka?

Seleksi nasional berdasarkan prestasi memiliki mata pelajaran pendukung yang bisa jadi berbeda untuk kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Informasi lengkap dapat dilihat pada Kepmendikbudristek no.345/M/2022.

Sementara pada seleksi nasional berdasarkan tes tidak melihat kurikulum dari asal sekolah calon mahasiswa.

Bagaimana mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN ini dapat memberi kesempatan yang sama bagi seluruh siswa lulusan SMA dan SMK?

Lulusan SMK dapat berkompetisi pada seluruh jalur penerimaan mahasiswa baru PTN. Penghapusan tes mata pelajaran pada seleksi nasional berdasarkan tes membuka ruang yang lebih inklusif kepada seluruh latar belakang pendidikan calon mahasiswa, tetap kompetitif, dan tetap menjamin penjaringan calon mahasiswa dengan kemampuan belajar yang tinggi.

Kebijakan (Permendikbud 48 Tahun 2022)

Bagaimana kebijakan ini dapat menjawab masalah yang ada?

Kebijakan penerimaan mahasiswa baru PTN akan mendorong siswa di pendidikan menengah untuk belajar secara menyeluruh, fokus kepada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, lebih transparan, dan lebih terintegrasi.

Kapan sistem seleksi dengan skema tersebut diterapkan?

Sistem seleksi masuk PTN dengan skema baru akan diterapkan mulai tahun 2023. Mohon melakukan pengecekan secara berkala ke laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Bagaimana runtutan alur berpikir dan transformasi seleksi PTN yang digagas oleh Kemendikbudristek?

Informasi ini dapat dilihat pada video launching Merdeka Belajar Episode 22 di Kanal Youtube Kemendikbudristek

Prinsip-prinsip seleksi masuk perguruan tinggi

Mengapa pemerintah mengubah skema/mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi negeri?

Transformasi seleksi masuk PTN dibutuhkan untuk menyambungkan transformasi kebijakan yang telah dilakukan di pendidikan dasar dan menengah, dan pendidikan tinggi. Transformasi seleksi masuk PTN berupaya untuk semakin memperbaiki mekanisme seleksi sebelumnya dengan prinsip:

1. Mendorong pembelajaran yang menyeluruh;
2. Lebih berfokus pada kemampuan penalaran;
3. Lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik;
4. Lebih transparan;
5. Lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan.”

■ Jalur penerimaan mahasiswa baru seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Ada berapa jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2023, dan apa saja jalurnya?

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui jalur:

1. Seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP);

2. Seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT); dan
3. Seleksi secara mandiri oleh PTN

Mekanisme Pendaftaran

Apa saja ruang lingkup penerimaan mahasiswa baru yang diatur dalam kebijakan baru ini?

Ruang lingkup penerimaan Mahasiswa baru Program Diploma dan Program Sarjana pada PTN terdiri atas program:

a. diploma tiga;

b. diploma empat atau sarjana terapan; dan
c. sarjana.

Siapa saja yang diperbolehkan mengikuti seleksi nasional Perguruan Tinggi Negeri?

Kriteria umum peserta didik yang diperbolehkan untuk mengikuti seleksi nasional perguruan tinggi adalah:

1. Peserta didik yang telah lulus pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan
2. Lulusan pendidikan menengah paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.

Untuk seleksi tahun 2023, artinya peserta didik tingkat menengah lulusan tahun 2023, 2022 dan 2021 dapat mengikuti pendaftaran. Detail kriteria setiap jalus seleksi akan dijelaskan pada bab berikutnya.

Kapan bisa dimulai pendaftaran?

Tanggal pendaftaran serta detail mekanisme pendaftaran seleksi baik berdasarkan prestasi maupun berdasarkan tes akan diumumkan lebih lanjut. Mohon melakukan pengecekan secara berkala ke laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Apakah memungkinkan untuk lintas program studi sesuai dengan minat calon mahasiswa?

Kebijakan yang baru memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa mendaftar program studi di PTN lintas program dari sekolah menengahnya. Kriteria dan penetapan hasil kelulusan seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN, termasuk kebijakan lintas jurusan, merupakan kewenangan Pimpinan PTN.

Apakah lulusan Paket C masih bisa mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023?

Lulusan Paket C bisa mengkuti seleksi masuk PTN 2023 dengan ketentuan berikut:

  • Lulusan Paket C yang lulus pada tahun 2021, 2022, dan 2023 dapat mengikuti seleksi nasional berdasarkan tes
  • Persyaratan peserta seleksi secara mandiri oleh PTN ditetapkan oleh Pemimpin PTN

Daya tampung penerimaan mahasiswa baru

Apakah ada perubahan daya tampung terkait kebijakan seleksi masuk PTN yang baru ini?

Sesuai Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022, proporsi mahasiswa yang diterima di PTN diatur berdasarkan jalur seleksinya. Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi minimal 20%, seleksi nasional berdasarkan tes minimal 40% (PTNBH boleh menerima minimal 30%) sehingga seleksi secara mandiri oleh PTN maksimal 40% daya tampung (PTNBH boleh menerima maksimal 50%).

Penyelenggara Penerimaan Mahasiswa Baru PTN

Siapa Penyelenggara Penerimaan Mahasiswa baru pada PTN?

Sesuai Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022, penyelenggaraan seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan oleh Kementerian bekerjasama dengan PTN.

Apa tugas Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3)?

Untuk meningkatkan pengelolaan pengujian bidang pendidikan yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel maka melalui Permendikbudristek No. 44 tahun 2022 dibentuklah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Salah satu pengujian yang dikelola oleh BP3 bekerjasama dengan PTN adalah seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan, Mendikbudristek menetapkan tim dari Kementerian dan unsur-unsur PTN yang selama ini berpengalaman menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Daya tampung penerimaan mahasiswa baru

Apabila masyarakat ingin melaporkan kejadian atau ketidaksesuaian prosedur pada proses penerimaan mahasiswa baru, apa yang dapat dilakukan?

Kemdikbudristek menyediakan kanal pelaporan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui whistleblowing system Inspektorat Jenderal Kementerian di https://posko-pengaduan.itjen.kemdikbud.go.id/ atau https://dikti.kemdikbud.go.id/whistle-blowing-system/ apabila memiliki bukti permulaan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi.

Persyaratan peserta seleksi nasional dan calon mahasiswa jalur prestasi

Apakah seleksi nasional berdasarkan prestasi memakai semua mata pelajaran? Apakah yang punya prestasi non akademik masih bisa berkesempatan untuk lulus dalam seleksi jalur prestasi?

Seleksi nasional berdasarkan prestasi meliputi prestasi akademik dan/atau non-akademik.Seleksi nasional berdasarkan prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah yaitu pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio.

Prestasi yang dimaksud adalah prestasi yang sejalan dengan prodi yang dipilih. Portoflio hanya untuk peserta didik yang mendaftar di prodi seni dan olahraga. Jenis prestasi dan portofolio ditetapkan oleh PTN.

Apa saja persyaratan peserta seleksi nasional berdasarkan prestasi?

Persyaratan peserta seleksi nasional berdasarkan prestasi sebagai berikut (pasal 21):

a. siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan;
b. memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik baik dan konsisten;
c. masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah; dan
d. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Mekanisme tes dan komponen penilaian

Kapan waktu pelaksanaan seleksi nasional berdasarkan prestasi?

Pelaksanaan dan pengumuman hasil seleksi nasional jalur prestasi, mulai dari proses pendaftaran sampai dengan pelaksanaan seleksi prestasi, dilakukan sebelum pelaksanaan seleksi nasional berdasarkan tes. Detail tanggal dan mekanisme pendaftaran seleksi akan diumumkan lebih lanjut. Mohon melakukan pengecekan secara berkala ke laman: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Kenapa salah satu komponen dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi menghitung nilai rata-rata semua mata pelajaran?

Untuk mendorong siswa agar fokus di semua mata pelajaran. Tidak hanya di beberapa mata pelajaran saja. Peserta didik terdorong untuk berpertasi di seluruh mata pelajaran secara holistik dan lintas disipliner.

Apakah penilaian seleksi nasional berdasarkan prestasi sama dengan sistem SNMPTN yang sebelumnya?

Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi, yang akan diperhitungkan pada seleksi masuk PTN 2023 adalah :

1. Minimal 50 persen rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran.
2. Maksimal 50 persen nilai maksimal 2 mata pelajaran pendukung, prestasi dan/atau portofolio untuk program studi seni dan olaharaga.

Apakah peringkat sekolah mempengaruhi peserta didik yang diterima pada seleksi berbasis prestasi?

Kriteria dan penetapan hasil kelulusan seleksi nasional berdasarkan prestasi merupakan kewenangan Pimpinan PTN.

Pengertian Seleksi Nasional Berdasarkan Tes

Bagaiman seleksi nasional berdasarkan tes dilakukan?

Seleksi nasional berdasarkan tes dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer, yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa inggris

Mengapa pemerintah menghapus tes mata pelajaran/tes akademik dan menggantinya dengan tes skolastik untuk seleksi berdasarkan tes?

Untuk mendorong siswa agar fokus mengembangkan kemampuan bernalar, pemecahan masalah, bukan hafalan. Selain itu, pemerintah mendorong kesempatan yang sama kepada semua calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi maupun kualitas pembelajaran sekolah asal yang berbeda.

Persyaratan peserta seleksi nasional dan calon mahasiswa jalur tes

Apa saja persyaratan peserta seleksi nasional berdasarkan tes?

Persyaratan peserta seleksi nasional jalur tes (pasal 22):

a. siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan; atau

b. lulusan pendidikan menengah paling lama 3 (tiga) tahun terakhir (lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023).

Mekanisme tes dan komponen penilaian

Bagaimana mekanisme seleksi nasional berdasarkan tes?

Pelaksanaan seleksi nasional berdasarkan tes, dimulai dari proses pendaftaran sampai dengan pelaksanaan tes, dapat dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah pada tahun berjalan.

Seleksi nasional berdasarkan tes dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer, yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa inggris. (Permendikbudristen No. 48 tahun 2022 pasal 6) Pengumuman hasil seleksi nasional berdasarkan tes dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah.

Bagaimana seleksi masuk PTN ini mampu menjamin calon mahasiswa memahami materi yang akan diajarkan pada prodi spesifik, sedangkan tes seleksi masuk PTN hanya dengan TPS?

Seleksi nasional berdasarkan tes yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris, menjamin calon mahasiswa memiliki penalaran, pemecahan masalah, serta kemampuan belajar yang tinggi sehingga dapat memahami materi yang akan diajarkan pada program studi spesifik.

Kesesuaian pemilihan program studi pada PTN perlu dilakukan semenjak awal di sekolah menengah melalui eksplorasi minat bakat, mencari informasi dan mempelajari beragam keahlian dan keterampilan langsung dari beragam sumber yang relevan (Website, forum alumni, dll.).

Manakah tahapan yang lebih dulu, mendapatkan skor kemudian memilih jurusan, atau sebaliknya?

Detail mekanisme pendaftaran seleksi akan diumumkan lebih lanjut.

Apakah estimasi waktu yang diberikan pada tes seleksi masuk PTN sudah disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal?

Pengembang instrumen seleksi masuk PTN berdasarkan tes terdiri dari pakar di bidang penilaian yang sudah mempertimbangkan aspek teknis dalam pelaksanaan; termasuk waktu tes maupun tingkat kesulitan soal.Teknis dari seleksi nasional berdasarkan tes akan diinformasikan berikutnya.

Apakah ada contoh-contoh Soal Tes Skolastik yang akan diujikan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023?

Informasi ini dapat dilihat pada video launching Merdeka Belajar Episode 22 di Kanal Youtube Kemendikbudristek.

Pengertian Seleksi Mandiri oleh Perguruan Tinggi

Apakah prinsip seleksi nasional secara mandiri oleh PTN?

Seleksi tersebut meskipun dilakukan secara mandiri oleh PTN, namun dilarang berkaitan dengan tujuan komersial dan tetap menggali potensi akademik (pasal 8).

Persyaratan peserta seleksi secara mandiri oleh PTN

Apa saja persyaratan peserta seleksi secara mandiri oleh PTN?

Persyaratan seleksi secara mandiri oleh PTN ditetapkan oleh Pimpinan PTN dan dilaporkan kepada Kementerian.(pasal 23). Calon mahasiswa dengan jalur seleksi secara mandiri disarankan untuk mencari informasi PTN bersangkutan.

Apakah jalur seleksi secara mandiri hanya boleh diikuti oleh calon mahasiswa yang berasal dari kalangan atas?

Penerimaan Mahasiswa baru pada PTN, termasuk seleksi secara mandiri oleh PTN diselenggarakan dengan prinsip adil, yaitu memberi kesempatan terbuka tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan, dengan afirmasi kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi.

Mekanisme tes dan komponen penilaian

Bagaimana mekanisme pelaksanaan seleksi mandiri oleh PTN?

Sebelum pelaksanaan seleksi mandiri, PTN mengumumkan tata cara seleksi kepada masyarakat yang memuat informasi beritkut (pasal 8):

1. jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing Program Studi/fakultas
2. Metode penilaian calon mahasiswa
3. Besaran biaya atau metode penentuan besaran biasa yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi; dan
4. Kanal pengaduan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi

Sesudah pelaksanaan seleksi mandiri oleh PTN, PTN mengeluarkan pengumuman yang berisi:

1. Jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang berlum terisi
2. Masa sanggah selama 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi
3. Tata cara penyanggahan hasil seleksi
4. Kanal pengaduan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi

Apakah kebijakan ini tidak mengatur besaran uang gedung dan SPP jalur mandiri?

Kebijakan ini hanya mengatur seleksi masuk PTN pada jalur SNBP dan SNBT, namun terdapat satu pasal pada Permendikbudristek 48 2022 (pasal 8) yang memberikan ketentuan pada PTN tentang tata cara seleksi. Besaran biaya pendidikan ditentukan oleh PTN yang bersangkutan.

Apakah setiap PTN akan menetapkan biaya SPI, padahal sebelumnya bersifat sukarela?

Pemerintah membuat regulasi untuk mendukung transparansi biaya yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Pada Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022, PTN harus memberikan informasi kepada masyarakat mengenai besaran biaya, atau metode penentuan mengenai besaran biaya yang ditetapkan sebelum seleksi secara mandiri dilakukan.

Apakah masih diadakan ujian TKA pada jalur seleksi secara mandiri?

Rincian tata cara seleksi secara mandiri oleh PTN ditetapkan oleh masing-masing Pimpinan PTN. Meskipun pada seleksi nasional berdasarkan tes tidak ada tes kemampuan akademi, namun rincian seleksi secara mandiri ditetapkan oleh PTN.

Demikiab FAQ Kebijakan Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts