Edaran Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan

Edaran Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan

Read More

Amongguru.com. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbudristek telah menerbitkan Surat Edaran tentang Pemberitahuan Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan.

Surat Edaran tentang Pemberitahuan Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan tersebut bernomor 2574/J/DS.00.01/2022 dan diterbitkan tanggal 16 Juni 2022.

Surat Edaran terkait Pemberitahuan Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, secara khusus ditujukan kepada :

1. Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan;

2. Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan;

3. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;

4. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;

5. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi; dan

6. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Di dalam Surat Edaran disampaikan bahwa dalam rangka menjamin keamanan akun pengelola data yang berimplikasi pada pengelolaan data pendidikan, Pusat Data dan Teknologi Informasi melakukan pemutakhiran dan menerapkan penyesuaian di aplikasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (https://sdm.data.kemdikbud.go.id) untuk mengakses aplikasi-aplikasi verifikasi dan validasi (verval) data induk pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dimohon bantuan untuk menginstruksikan
kepada satuan-satuan pendidikan dan petugas pendataan di instansi yang sudah terdaftar di aplikasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan, untuk masuk/log in ke aplikasi dan melakukan pembaruan akun sebagai berikut:

1. Verifikasi email

Email atau pos elektronik yang dimaksud adalah merupakan email yang didaftarkan sebagai username akun pengelola data.

Verifikasi merupakan upaya memastikan keaktifan email untuk kebutuhan teknis di aplikasi dan korespondensi. Ketuntasan proses verifikasi email ditandai dengan centang berwarna hijau di profil pengguna.

Jika email yang terdaftar sebelumnya berstatus tidak aktif atau tidak sesuai/typo, dapat dilakukan penggantian secara mandiri pada fitur Pembaruan Email.

2. Memperbarui profil

a. memastikan identitas terisi lengkap merujuk pada data induk kependudukan;

b. memastikan gelar terisi, terutama untuk melengkapi identitas pimpinan di instansi terkait yang berdampak pada pencetakan Sertifikat NPSN; dan

c. memastikan nomor kontak valid dan dapat dihubungi.

3. Memperbarui password

Pembaruan password wajib dilakukan untuk menjamin kerahasiaan akun. Password baru minimal terdiri atas 8 (delapan) karakter, harus mengandung unsur angka, huruf (termasuk huruf kapital), dan spesial karakter.

Penggantian password tidak dapat dilakukan sebelum seluruh tahapan Pembaruan Profil diselesaikan. Batas waktu pembaruan akun sampai dengan tanggal 31 Juli 2022.

Akun-akun yang belum/tidak melakukan pembaruan sampai dengan tanggal tersebut dianggap sebagai akun tidak aktif dan akan dinonaktifkan.

Selanjutnya untuk mengoptimalkan akses manajemen akun di aplikasi Jaringan Pengelola
Data Pendidikan dan Kebudayaan maka seluruh instansi selain satuan pendidikan, harus
memiliki 1 (satu) orang Admin.

Admin Instansi berperan penting dalam mekanisme pendaftaran dan pengelolaan akun-akun di instansi, satuan pendidikan, dan yayasan pendidikan di lingkungannya sesuai batasan dan kewenangan yang ditetapkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Penetapan mengenai penunjukan, perubahan, atau penggantian Admin Instansi, diajukan berdasarkan Surat Penugasan dari kepala instansi ke Pusat Data dan Teknologi Informasi melalui Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (https://ult.kemdikbud.go.id).

Surat Edaran tentang Pemberitahuan Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Surat Edaran tentang Pemberitahuan Pembaruan Akun Pengelola Data di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts