Download Kumpulan Panduan Kurikulum Merdeka Lengkap

Download Kumpulan Panduan Kurikulum Merdeka Lengkap

Read More

Amongguru.com. Berikut ini adalah kumpulan beberapa panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Panduan Kurikulum Merdeka diperlukan untuk pedoman penyelenggaraan Kurikulum Merdeka pada tiap-tiap satuan pendidikan.

Panduan Kurikulum Merdeka diterbitkan oleh pemerintah untuk mendukung tercapainya tujuan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional di bidang pendidikan.

Baca : Regulasi Kurikulum Merdeka yang Wajib Guru Ketahui

Dengan adanya panduan Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan akan memiliki acuan yang jelas dan terarah dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Kurikulum Merdeka memberikan peluang pada siswa untuk dapat mengasah minat dan bakat sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum Merdeka dikembangkan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Pemerintah memberikan kelonggaran pengaturan alokasi waktu pembelajaran per tahun pada Kurikulum Merdeka. Hal ini bertujuan agar satuan pendidikan dapat mengatur waktu dan pengajaran mata pelajaran di sekolah untuk memudahkan siswa mencapai pembelajaran sesuai fase. Kurikulum Merdeka juga memuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yang membedakan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya, antara lain sebagai berikut.

1. Materi menjadi lebih sederhana, mendalam dan fokus pada materi yang esensial. Oleh karenanya, peserta didik dapat belajar lebih dalam dan tidak terburu-buru

2. Lebih merdeka atau guru memiliki keleluasaan untuk mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Sekolah juga memiliki wewenang untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik

3. Lebih relevan dan interaktif yang mana pembelajaran melalui kegiatan proyek yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan mengeksplorasi isu-isu aktual.

Beberapa karakteristik dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

1. Pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.

2. Fokus kepada materi esensial sehingga ada waktu untuk pembelajaran yang mendalam untuk kompetensi dasar (literasi dan numerasi).

3. Fleksibilitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai kemampuan peserta didik.

Kumpulan panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

  • Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka – Unduh
  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen – Unduh
  • Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila – Unduh
  • Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan – Unduh
  • Panduan Implementasi Bimbingan Konseling – Unduh
  • Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif – Unduh
  • Panduan Pelaksanaan PPI – Unduh

Demikian kumpulan panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts