Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel

Read More

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel.

Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel ini dibuat oleh I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd. salah seorang guru SD dari Denpasar, Bali.

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI ini dapat memberikan gambaran mengenai format daftar penilaian formatif dan sumatif pada Kurikulum Merdeka.

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI ini mudah digunakan karena berformat Excel. Menu daftar nilai terdiri dari Cover, Indentitas Guru, serta Daftar Nilai Formatif dan Sumatif seluruh Mata Pelajaran.

Penggunaan Daftar Nilai SD/MI ini cukup mudah. Anda tinggal menginputkan nilai formati dan sumatif untuk tiap-tiap lingkup materi, maka  secara otomatis akan terolah menjadi Nilai Akhir Semester.

Bentuk Penilaian pada Kurikulum Merdeka

Penilaian pada Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dalam bentuk penilaian formatif dan penilaian sumatif.

Penilaian Formatif

Penilaian formatif merupakan asesmen yang dilakukan guru selama proses pembelajaran untuk memberikan informasi mengenai perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik pada setiap tahap pembelajaran.

Hasil penilaian formatif berguna bagi guru untuk mengambil tindakan dan memastikan bahwa setiap peserta didik mencapai penguasaan yang optimum.

penilaian formatif dapat mendorong peserta didik mencapai tujuan belajar dengan melakukan penyampaian umpan balik yang dilakukan secara berkala.

Penilaian formatif melibatkan aktivitas guru dan peserta didik yang bertujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung.

Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran, mengetahui dan mengurangi kesalahan yang m emerlukan perbaikan

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan pembekajaran berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penilaian formatif bertujuan untuk merefleksikan proses belajar dan tidak menentukan nilai akhir peserta didik.

Tujuan penilaianformatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran, tidak hanya untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik.

Selain itu, penilaian  formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan.

Pendidik dapat menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik.

2. Penilaian sumatif

Penilaian sumatif merupakan penilaian yang dilakukan guru setelah menyelesaikan proses pembelajaran. Penilaian sumatif  tidak selalu dilakukan di akhir pembelajaran.

Hasil penilaian sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman peserta didik, serta mendorong untuk melakukan aksi dalam mencapai kompetensi yang dituju.

Baca : Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Revisi 2022

Di dalam penilaian sumatif mencakup lebih dari satu pokok bahasan yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari suatu unit pembelajaran ke unit pembelajaran berikutnya.

Penilaian sumatif dapat juga diartikan sebagai penggunaan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester, bahkan setelah selesai pembahasan suatu bidang studi.

Penilaian sumatif dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan. Kegiatan penilaian sumatif dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran telah selesai.

Penilaian sumatif menghasilkan nilai atau angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan pada kinerja peserta didik.

Penilaian sumatif digunakan untuk menentukan klasifikasi penghargaan pada akhir kursus atau program. Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan siswa secara sistematis.

Penilaian sumatif berkaitan dengan menyimpulkan prestasi peserta didik dan diarahkan pada pelaporan di akhir suatu program studi.

Fungsi penilaian sumatif, yaitu pengukuran kemampuan dan pemahaman peserta didik dan sebagai sarana memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Penilaian sumatif juga berfungsi untuk memberikan umpan balik kepada staf akademik sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran, akuntabilitas dan standar pemantauan staf akademik, serta sebagai sarana untuk memotivasi peserta didik.

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Daftar Nilai SD Kurikulum Merdeka – Unduh

Demikian Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Jenjang SD MI Format Excel. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts