Contoh Sambutan Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022 di Sekolah

Contoh Sambutan Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022 di Sekolah

Read More

Amongguru.com. Berikut ini adalah contoh sambutan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di sekolah.

Contoh pidato sambutan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ini dapat dibacakan oleh Pembina Upacara pada saat pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022 mendatang.

Sambutan tersebut dibacakan oleh Pembina Upacara sebagai amanat dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022,

Baca : Pedoman Pelaksanaan (Juknis) Hari Pahlawan Tahun 2022

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah ”Pahlawanku Teladanku”. Tema ini mengandung makna bahwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini.

Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Hari Pahlawan hadir atas peristiwa bersejarah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui gerakan Revolusi Nasional Indonesia pada Pertempuran Surabaya yang meletus tanggal 10 November 1945.

Baca : Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Maknanya Bagi Generasi Muda

Contoh Sambutan Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022 di Sekolah

Puncak peringatan Hari Pahlawan 2022 adalah pada hari Kamis, 10 November 2022 yang ditandai dengan acara seremonial, yaitu Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022.

Sifat upacara Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan. Upacara bendera dilaksanakan pada hari Kamis, 10 November 2022 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka atau menyesuaikan.

Pembacaan sambutan oeh Pembina Upacara menjadi salah satu bagian dari susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022.

Di bawah ini merupakan contoh sambutan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Sekolah.

Contoh Sambutan Hari Pahlawan 2022 ini dapat dikembangkan dan disempurnakan sesuai kebutuhan masing-masing sekolah.

NASKAH SAMBUTAN
UPACARA HARI PAHLAWAN 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan hidayah-nya kita semua dapat Berkumpul pada upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pahlawan Tahun 2022.

Peserta upacara yang berbahagia,

Peringatan Hari Pahlawan bertujuan mengingatkan kita bahwa sikap kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme sangat penting dalam membangun negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil untuk membuat negara kita bertahan hidup.

Setiap tanggal 10 November  kita memperingati Hari Pahlawan.Peringatan Hari Pahlawan sebagi refleksi dalam menghargai perjuangan pahlawan dalam melawan penjajahan. Hari Pahlawan juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah berkorban jiwa dan raga untuk menjaga kedaulatan bangsa dari penjajahan.

Peringatan Hari Pahlawan tidak terlepas dari sejarah pertempuran di Surabaya., pada saat arek-arek Surabaya berjuang melawan Belanda dan pasukan Sekutu. Setidaknya 16.000 pejuang kita meninggal dunia, sedangkan di pihak musuh telah kehilangan sekitar 2.000 prajurit.

Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam revolusi dan menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai kisah heroik bangsa Indonesia, maka pertempuran di Surabaya menjadi pemicu bangsa kita mendapatkan dukungan internasional untuk mendapatkan kemerdekaan. Di dalam upaya mengenang pertempuran di Surabaya, tanggal 10 November kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Peserta upacara yang saya banggakan,

Saat ini kita hidup di jaman kemerdekaan, tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis perjuangan yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Berjuang melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme adalah beberapa contoh perjuangan. Bagi peserta didik, cara mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar yang rajin dan bersungguh-sungguh sebagai upaya mencapai cita-cita yang diharapkan.

Di akhir sambutan saya ini, saya mengajak seluruh peserta upacara untuk terus melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Guru dan peserta didik sekalian.

Semoga sambutan singkat ini, semoga dapat memberikan manfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan juga peserta upacara pada umumnya.

Selamat Hari Pahlawan 2022.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca : Logo Hari Pahlawan Tahun 2022 dan Filosofinya

Demikian contoh sambutan Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022 di sekolah. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts