Cara Baca Hasil Nilai Rapor Pendidikan

Cara Baca Hasil Nilai Rapor Pendidikan

Read More

Amongguru.com. Hasil Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama, dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan dari kualitas pendidikan.

Oleh karena itu pengguna seperti kepala satuan pendidikan perlu memahami betul hasil dari Rapor Pendidikan mereka.

Perlu dipahami bahwa Rapor Pendidikan bukan merupakan laporan prestasi dari satuan pendidikan tetapi merupakan gambaran representatif dari satuan pendidikan.

Dengan demikian, apabila satuan pendidikan Anda sudah mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat melakukan peningkatan hasil penilaian indikator pada Rapor Pendidikan dengan membuat inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan hasil penilaian di tahun berikutnya.

Apabila satuan pendidikan Anda memiliki hasil yang sebaliknya, Anda dapat menggunakan hasil tersebut sebagai acuan refleksi serta evaluasi, sehingga dapat menerapkan Perencanaan Berbasis Data yang tepat untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan Anda.

Cara Baca Hasil Nilai Rapor Pendidikan

Hasil dari Rapor Pendidikan sudah dibuat dan dijabarkan secara ringkas dan sederhana sehingga kepala satuan pendidikan, kepala dinas pendidikan atau tenaga kependidikan hanya perlu memiliki kemampuan statistik dasar untuk dapat melakukan analisis dari data yang disajikan.

Selain itu Anda juga dapat melihat instrumen-instrumen berikut untuk membaca data pada platform Rapor Pendidikan.

  • Label capaian dalam bentuk spektrum warna, terdiri dari: Biru (sangat baik), Hijau (baik), Kuning (cukup), Merah (kurang)
  • Definisi dari label capaian untuk interpretasi dari spektrum warna
  • Angka pada satuan pendidikan serupa

Baca :

Berikut ini adalah tampilan dan penyajian informasi di platform Rapor Pendidikan. Tampilan ini sudah dibuat sesederhana mungkin agar lebih mudah dipahami oleh satuan pendidikan.

Indikator yang Perlu Dianalisis Apabila Hasil Rapor Pendidikan Rendah

Anda perlu menganalisis indikator-indikator di bagian input (hal-hal yang mendukung proses belajar-mengajar) dan proses (hal-hal yang mendukung untuk perbaikan mutu atau hasil pembelajaran) untuk mencari akar permasalahan dari rendahnya hasil Rapor Satuan Pendidikan Anda.

Jika hasil Rapor Pendidikan Anda rendah terutama pada bagian literasi dan numerasi, Anda dapat menganalisis indikator-indikator pada Rapor Pendidikan Anda untuk mencari akar permasalahannya. Setelah itu, Anda dapat melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dengan dibantu bimbingan dari tim Rapor Pendidikan.

Demikian cara baca hasil nilai Rapor Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts