Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Madrasah

Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Madrasah

Read More

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 tertanggal 14 Juni 2022.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah ini diterbitkan untuk melaksanakan kebijakan Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Capaian Pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.

Capaian Pembelajaran disusun dalam beberapa fase sesuai jenjang pendidikan. Penyusunan Capaian Pembelajaran per fase merupakan upaya penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi.

Penyusunan Capaian Pembelajaran per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka.

Hal ini karena Capaian Pembelajaran disusun dengan memperhatikan fase-fase perkembangan anak. Selain itu, penyusunan Capaian Pembelajaran per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan.

Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Baca : Perubahan Keputusan tentang Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Ruang Lingkup Materi PAI dan Bahasa Arab

Ruang lingkup materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah diarahkan dapat memberikan fleksibilitas kepada pendidik untuk memfasilitasi peserta didik yang beragam dalam mengembangkan kompetensinya dengan mengadopsi prinsip diferensiasi.

Ruang lingkup materi PAI dan Bahasa Arab berdasarkan konsep keilmuan yang dilakukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, seni, dan budaya.

Perumusan ruang lingkup materi standar isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun berdasarkan jalur, jenjang RA, MI, MTs, MA/MAK, dan jenis pendidikan .

Ruang lingkup materi standar isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab bagi peserta didik penyandang disabilitas menggunakan standar isi yang ditetapkan dengan mempertimbangkan prinsip fleksibilitas sesuai karakteristik dan kondisi peserta didik berdasarkan hasil asesmen.

Pada pendidikan Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah memiliki kekhasan sendiri yang terkait dengan rincian mata pelajaran yang tergabung dalam Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, yaitu mata pelajaran al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab

Di dalam keputusan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah, ditetapkan Capaian Pembelajaran Muatan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Raudlatul Athfal (RA) sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Keputusan.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah, jenjang MI, MTs, MA/MAK sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Keputusan.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Baca : Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama pada Kurikulum Merdeka

Demikian Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts