Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan

Read More

Amongguru.com. Pusat Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerbitkan Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan.

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan ini diterbitkan untuk acuan satuan pendidikan dalam membaca rapor pendidikan.

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Satuan Pendidikan ini berisi informasi tentang Rapor Pendidikan sebagai bentuk laporan hasil evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi, sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Data yang disajikan objektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi.

Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah. Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di satuan pendidikan, sedangkan Rapor Pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Di dalam Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan antara lain disampaikan mengenai Hasil Asesmen Nasional. Hasil Asesmen Nasional dilaporkan pada rentang nilai 1,00 – 3,00.

Nilai 1,00 memiliki makna Seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya kurang, sedangkan 3,00 artinya seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya baik.

Pada Asesmen Nasional, secara umum terdapat 3 kategori, yaitu : Kurang (nilai 1), Sedang (nilai 2), dan Baik (nilai 3).

Dengan melihat makna dari nilai hasil AN, suatu satuan pendidikan tidak akan naik nilai indeksnya apabila tidak ada peningkatan kategori capaian baik pada hasil belajar murid maupun indikator-indikator dalam survei lingkungan belajar.

A. Kemampuan Literasi

Kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Atribut Sekolah

Atribut Murid

1. Kompetensi membaca teks informasi

Kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi teks informasional (non-fiksi).

2. Kompetensi membaca teks sastra

Kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi teks fiksi.

3. Kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks

Kemampuan peserta didik dalam membandingkan dan mengontraskan ide atau informasi dalam atau antarteks, membuat kesimpulan, mengelompokkan, mengombinasikan ide dan informasi dalam teks atau antarteks informasional (non-fiksi) dan sastra.

4. Kompetensi mengevaluasi dan merefleksi isi teks

Kemampuan peserta didik dalam menganalisis, memprediksi, dan menilai konten, bahasa, dan unsur-unsur dalam teks informasional (non-fiksi) dan sastra.

B. Kemampuan Numerasi

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Atribut Sekolah

Atribut Murid

1. Kompetensi pada domain bilangan

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten bilangan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

2. Kompetensi pada domain Aljabar

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten aljabar untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

3. Kompetensi pada domain Geometri

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten geometri untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

4. Kompetensi pada domain Data dan Ketidakpastian

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten data dan ketidakpastian untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

5. Kompetensi mengetahui

Kemampuan peserta didik memahami fakta, proses, konsep, dan prosedur.

6. Kompetensi menerapkan

Kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta-fakta, relasi, proses, konsep, prosedur, dan metode pada konten bilangan dengan konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan.

7. Kompetensi menalar

Kemampuan peserta didik menganalisis data dan informasi, membuat kesimpulan, dan memperluas pemahaman dalam situasi baru, meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks.

C. Karakter

Tingkat karakter pelajar pancasila yang bersifat holistik mencakup komponen pengetahuan, afektif, keterampilan, dan perwujudan dalam perilaku.

Atribut Sekolah

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Adblock test (Why?)

Related posts