Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak Jenjang SMP

Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak Jenjang SMP

Read More

Amongguru,com. Berikut ini dibagikan Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek.

Buku Guru dan Buku Siswa dapat dimanfaatkan sebagai perangkat ajar oleh satuan pendidikan yang melaksanakan program Sekolah Penggerak.

Program Sekolah Penggerak adalah program yang berfokus pada peningkatan kompetensi peserta didik secara holistik untuk lebih mendorong terwujudnya profil Pelajar Pancasila.

Program sekolah penggerak sebagai model satuan pendidikan bermutu diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Penyelenggaraan Sekolah Penggerak dilakukan secara bertahap melalui sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran ini diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Baca : Kepmendikbud Nomor 1177/M/2020 Tentang Program Sekolah Penggerak

Sebagai bagian dari program Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang model pembelajaran dengan Paradigma Baru yang diterapkan secara terbatas di Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).

Di dalam Program Sekolah Penggerak terdapat upaya mendorong satuan pendidikan untuk melakukan transformasi diri, sehingga meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, kemudian melakukan pengimbasan ke sekolah lain untuk melakukan peningkatan mutu serupa.

Oleh karena itu, bersama-sama dengan pendidik, akademisi, dan praktisi dari berbagai institusi, maka Kemendikbudristek telah menyusun buku teks pelajaran untuk mendukung implementasi pembelajaran paradigma baru di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan tersebut.

Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak Jenjang SMP

Buku Teks Sekolah Penggerak

Buku teks pelajaran merupakan salah satu perangkat ajar yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Perangkat ajar meliputi buku teks pelajaran, modul ajar,modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya.

Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar atau pun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran.

Buku teks pelajaran terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping. Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku.

Di dalam konteks pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku siswa tersebut.

Di dalam membantu guru melaksanakan program Sekolah Penggerak, berikut ini dibagikan Buku Teks Program Sekolah Penggerak, yang terdiri dari Buku Siswa dan Buku Panduan Guru.

Silakan unduh Buku Panduan Guru dan Buku Teks Siswa Program Sekolah Penggerak jenjang SMP yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek selengpada tautan berikut ini.

Buku Teks Sekolah Penggerak Jenjang SMP

Demikian yang dapat dibagikan mengenai Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak jenjang SMP. Semoga bermanfaat,

Adblock test (Why?)

Related posts