Apakah Nama Alat Pernapasan Pada Tumbuhan | Soal Kelas 3 SD

Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan? Soal pada materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 SD di buku paket tematik halaman 11. Seperti yang kita ketahui, makhluk hidup dapat bernapas. Namun alat pernapasan makhluk hidup itu berbeda-beda. Contohnya manusia bernapas dengan paru-paru dan ikan bernapas dengan insang.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup sehingga dapat bernapas. Selain itu, tumbuhan juga dapat bergerak. Gerak tumbuhan dilakukan melalui gerak nasti (tidak tergantung arah rangsang), misalnya pada daun putri malu yang disentuh.

Read More

Apakah Nama Alat Pernapasan Pada Tumbuhan Soal Kelas 3 SD

Kedua gerak tropisme erak dalam pertumbuhan), misalnya pertumbuhan tunas mendekati arah cahaya, dan gerak taksis (tergantung arah rangsang luar), misalnya pergerakan bunga matahari yang mengikuti matahari.

Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu! Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?

Berikut ini penjelasannya :

Nama alat pernapasan pada tumbuhan adalah pori-pori stomata di daun dan pori-pori lentisel di batang. Tumbuhan melakukan pernafasan (respirasi), sebagai mana hewan. Tumbuhan melakukan pernafasan untuk mereka mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan menyerap oksigen (O2) dari udara di sekitarnya. Karena memerlukan oksigen tanaman disebut bernafas secara respirasi aerob.

Oksigen yang dihirup dari udara kemudian digunakan dalam metabolisme untuk mengubah zat gula menjadi energi, dengan sisa reaksi berupa uap air dan gas karbon dioksida.

Bagian-bagian tanaman yang terletak di atas tanah (batang, cabang dan daun) mendapatkan oksigen langsung dari udara melalui pori-pori. Pori-pori ini terdapat pada daun disebut stomata. Pori-pori di cabang-cabang pohon disebut lentisel.

Jumlah pori-pori ini sangat banyak, dengan rata-rata stomata daun adalah sekitar 300 per mm2.  Selain bernafas, tanaman juga melakukan fotosintesis, yaitu menggunakan karbon dioksida (CO2) dari lingkungan dengan bantuan sinar matahari, untuk menghasilkan gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Gula nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Berbeda dengan fotosintesis yang hanya terjadi pada daun dan batang saja, respirasi terjadi pada seluruh bagian daun, batang dan akar tanaman.

Untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga bisa bernafas, lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan sebuah tanaman pada pot, lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik.
  2. Letakkan pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
  3. Setelah itu akan terlihat ada embun pada plastik tersebut.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya:

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!

Jawaban, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 11. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini : Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 10 11 12 13 14 15 18 20 21 Pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Adblock test (Why?)

Related posts