Apa yang Bisa Kamu Simpulkan Apakah Warga Di Sekitarmu Sudah Hemat Energi Jelaskan

Apa yang bisa kamu simpulkan, apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi. Jelaskan! Apa dampak dari tindakan yang dilakukan? Tulislah saranmu! Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 halaman 106, Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Energi Alternatif. Sebelum menjawab soal tersebut, silahkan baca terlebih dahulu teks berikut ini!

Apa yang Bisa Kamu Simpulkan Apakah Warga Di Sekitarmu Sudah Hemat Energi Jelaskan

Read More

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Dari Fakta yang Kamu Temukan Kelompokkan Hal yang Sudah Baik dan Hal yang Belum Baik. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo, Hemat Energi!

Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat … sangat … sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran“Hemat Energi” dimana-mana.Ketika berjalanpulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang-bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang dapat Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai sepeda motor untuk urusan apapun. Bahkan belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anak-anak, mereka pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pengingat warga. Ayo, hemat Energi!

Ayo Mengamati

1. Apa yang bisa kamu simpulkan. Apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi. Jelaskan!
2. Apa dampak dari tindakan yang dilakukan?
3. Tulislah saranmu!

Jawaban :

1. Warga disekitarku masih banyak yang belum menghemat energi.
2. Energi akan cepat habis, dan merugikan orang lain.
3. Saran saya, sebaiknya kita harus menghemat energi karena energi yang ada jumlahnya terbatas.

Menghemat energi adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menghemat energi kita ikut menjaga lingkungan.

Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya:

Lani sedang berpikir bagaimana cara menghemat energi. Setiap hari dia pergi ke sekolah diantar oleh ayahnya naik sepeda motor. Ayah Lani pernah berkata bahwa setiap hari untuk mengantar jemput, memerlukan
1/4 liter bensin. Lani mencoba menghitung selama 6 hari berapa liter bensin yang dibutuhkan. Bantu ani ya.

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 103 104 105 106 107 108 109 110 111 113 Pembelajaran 2 Subtema 3

Demikian pembahasan jawaban solat tema 2 kelas 4 subtema 3 halaman 106 mengenai Apa yang Bisa Kamu Simpulkan Apakah Warga Di Sekitarmu Sudah Hemat Energi Jelaskan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran ini seperti peta pikiran energi alternatif.

Adblock test (Why?)

Related posts