Apa Saja yang Dapat Merusak Pertumbuhan dan Kelestarian Hutan Bakau

Apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau? Apa yang dilakukan Udin dan kawan-kawan di hutan bakau? Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 3 halaman 129, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Menyayangi Tumbuhan di buku tematik terbaru revisi 2018. Sebelum menjawab soal tersebut, silahkan kalian baca terlebih dahulu teks berikut ini!

Apa Saja yang Dapat Merusak Pertumbuhan dan Kelestarian Hutan Bakau

Read More

Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai

Kelas 3 berkunjung ke hutan bakau. Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau. Orang-orang sering menyebut hutan bakau sebagai sabuk hijau. Artinya, kawasan hijau yang tumbuh di garis pantai.

Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan. Hutan bakau, juga meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Diperlukan kerja sama warga sekitar untuk menjaga pertumbuhan hutan bakau.

Ada dua hal penting yang harus dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama. Adapun penyulaman adalah penggantian pohon bakau yang mati.

Pohon yang mati diganti dengan bibit atau pohon bakau lain yang seumur. Tujuannya agar pohon-pohon bakau dapat tumbuh secara seragam. Pohon-pohon bakau yang telah ditanam mesti dijaga pertumbuhannya.

Kepiting kerap menggigit batang anak pohon bakau. Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan. Paling tidak, hingga pohon-pohon bakau berusia satu tahun.

Ombak dan binatang pemakan daun juga terkadang merusak. Namun, manusialah yang paling banyak menyebabkan kerusakan hutan bakau. Bibit dan pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks di atas!

5. Apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau?

Jawaban : Yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau adalah kepiting, ombak, binatang pemakan daun, dan manusia.

Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya: 

Ayo Bermain Peran!

Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain peran tentang kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.

Sebelum bermain peran, buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibuat berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.

Diskusikanlah bersama kelompokmu!

Tulislah daftar pertanyaan wawancara pada tempat yang tersedia!

Contoh daftar pertanyaan, buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 129 131 132 133 Pembelajaran 3 Subtema 3

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 3 SD di buku tematik siswa halaman 129. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Menyayangi Tumbuhan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)

Related posts