Apa Lagi Nama Alat Pernapasan pada Hewan Selain Insang Pada ikan? Sebutkan!

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan! Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 3 halaman 11, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Read More

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan

Ikan bernafas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Insang terletak di sebelah kiri dan kanan kepala ikan. Insang dilindungi oleh tutup insang. Ikan memiliki gelembung renang yang berguna untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun.

Jenis ikan yang hidup di tempat yang kurang air, misalnya lumpur, mempunyai lipatan-lipatan pada insang. Lipatan-lipatan insang itu disebut labirin. Labirin juga menyimpan cadangan oksigen.

Selain insang, apa lagi nama alat pernapasan pada hewan? Berikut ini penjelasannya secara lengkap :

1. Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah) dalam tubuh vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. Jika paru-paru terganggu fungsinya, kesehatan tubuh manusia bisa terpengaruh secara keseluruhan. Manusia bernapas dengan paru-paru. Selain itu banyak contoh hewan lain yang juga bernapas dengan paru-paru, misalnya seperti burung, dan reptil.

2. Alat Pernapasan Kulit 

Mekanisme pernapasan melalui kulit dimulai saat oksigen masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan selanjutnya akan dibawa melalui pembuluh vena pada kulit paru-paru yang yang disebut vena pulmo kutanea. Selanjutnya oksigen dari vena pulmo kutanea akan menuju jantung dan dialirkan keseluruh tubuh untuk proses metabolisme.

Proses ekspirasi terjadi saat karbon dioksida dipompa oleh jantung ke dalam paru-paru dan permukaan kulit dan selanjutnya karbon dioksida akan dikeluarkan melalui arteri kulit paru-paru (arteri pulmo kutanea) lewat proses difusi. Contoh hewan : katak, serangga, cacing tanah, dan ular laut.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Apakah tinggi badanmu bertambah dibandingkan saat kamu masih di kelas 1?
Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 11. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban Lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 10 11 12 13 14 15 18 20 21 Pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Adblock test (Why?)

Related posts