7 Curug di Baturaden Purwokerto, Air Terjun yang Terkenal Bagus

Punya rencana liburan mengunjungi curug di Baturaden? Anda wajib mengetahui spot daerah wisata yang menawarkan keindahan air terjun yang bagus berikut ini. Baturaden merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Terkenal sebagai tempat tujuan wisata yang populer di kalangan masyarakat Jateng. Baturaden menawarkan berbagai jenis obyek berlibur yang menarik dan seru.

Diantaranya seperti taman bermain, wisata alam, bangunan unik kekinian, spot foto instagramable dan masih banyak lagi. Nah jika Anda sudah menentukan akan mengunjungi curug, berikut ini rekomendasi air terjun terbagus di Baturaden dan Purwokerto. Simak selengkapnya!

Read More

1. Curug Jenggala di Baturaden

Curug di Baturaden
Photo by @@hens4m

@KevinAlvianto “Bagus banget jadi curug ini Ada bangunan peninggalan belanda yang dari tahun 1938. Saran kalau mau ke curug Jenggala hari sabtu lumayan sepi jadi bisa menikmati perjalanan dan tempat yang enak banget

@SimonDawirStory “Jalannya sudah bagus, enak banget buat jalan santuy bareng keluarga. Akses ke panturan 7 Baturraden juga bisa dicapai dari pintu masuk curug Jenggala ini”.

Alamat: Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kab. Banyumas, Prov Jawa Tengah.

2. Curug Telu, Air Terjun Bagus di Baturaden

Air Terjun di Baturaden
Photo by @narisya_amanda

@FirmanTarunaNugraha “Dulu waktu masih belum dibuat tempat wisata masih bagus banget, saya kesini lewat sawah, jalan agak jauh. Tapi dibikin tempat wisata juga gapapa, jadi bisa ngopi-ngopi, parkir juga aman kalau dulu motor saya titipin ke rumah warga. Untuk akses mobil sekarang juga cukup gampang, ada parkirannya juga”.

@normalika “Asik banget tempatnya, dateng pagi masih seger suasananya. Datang selain hari minggu ngga terlalu banyak orang, serasa privat banget. Bagi yang suka jumping nih recommed banget. Airnya dingin tapi enak banget. Lumayan tangganya banyak buat sport tambahan. Ada juga sendang bidadari masuk dikit seperti gua langsung lihat air terjun lagi. Biaya tiket masuk hanya Rp.5000.

Alamat: Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kab. Banyumas, Prov. Jawa Tengah.

3. Air Terjun Curug Bayan, di Baturaden

Curug Bayan Baturaden
Photo by @bia.fth

@dwiutarinugroho “Tempatnya cukup bagus dan sepi. Kalau yang pengin liat air terjun dan ngga perlu jalan jauh-jauh dan capek, mending ke curug atau air terjun bayan ini. Lokasinya mudah diakses karena di pinggir jalan. Ada penginapannya juga, ada toilet dan biaya masuk murah meriah”.

@siswatiprihatini “Tempat yang asyik buat dikunjungi. Ada beberapa air terjun di lokasi yang sama. Banyak bebatuan besar. Memang tidak boleh berenang di area bawah air terjunnya, tapi banyak tempat untuk berendan dan berenang di sekitar air terjun. Udara sejuk. Air dingin dan jernih.

Alamat: Dusun II Ketenger, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kab. Banyumas, Prov. Jawa Tengah.

Rekomendasi: Wisata Pantai di Cilacap yang Bagus

4. Curug Carang, Air Terjun Populer

Curug Carang Baturaden Purwokerto
Photo by @masekacan

@Metalitzer “Tempatnya memiliki pemandangan atau view bagus dengan keindahan natural. Medan yang dilalui cukup menantang adrenalin dengan kecuraman dan akses jalan yang terjal. Bagi para pendaki akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Air jernih dapat dinikmati untuk menyegarkan tubuh”.

@NadinzCh “Curug dengan rute yg menantang akses jalan melalui susur sungai diantara bebatuan, menuruni tebing dengan seutas tali. Cocok buat yang hobi berpetualang. Di sarankan pergi ketika cuaca cerah & membawa bekal makan atau minum yang cukup karena tidak ada warung. Suka tempat ini karena medan masih alami belum terjamah, semoga tetap seperti ini”.

Alamat: Kemutug Kidul, Baturraden, Kecamatan Sumbang, Kab. Banyumas, Prov. Jawa Tengah.

5. Curug Gede

Curug Gede
Photo by @trezzno_157

@ANJARPRAMUDITA “Tempatnya sejuk airnya dingin dan bersih. Letaknya di Desa Ketenger, Kec. Baturaden, cocok untuk kegiatan outbound. Akses masuknya juga mudah, jalan sudah diaspal. Bisa menggunakan roda 2 maupun 4 disamping itu dimanjakan dengan pemandangan khas daerah pegunungan”.

@BudiHermawan “Jika dari Purwokerto ke Baturraden, maka untuk menuju ke arah curug gedhe ini, langsung belok kiri begitu sampai pertigaan pangkalan ojeg 500mtr sebelum terminal bus Baturraden. Pemandangan di lokasi ini sangatlah bagus. Untuk masuk lokasi cukup tebus karcis masuk yang sangat murah. Lalu kita bisa memarkirkan kendaraan kita di sekitar lokasi curug. Dan langsung menuju curug tanpa perlu repot untuk jalan kaki jauh. karena lokasinya sangat dekat dengan lokasi parkir”.

Alamat: Dusun II Ketenger, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kab. Banyumas, Prov. Jawa Tengah.

Baca juga: Tempat Wisata di Purwokerto

6. Curug Grojogan Ratu, Baturaden

Air Terjun Grojogan Ratu Baturaden
Photo by @jhe_ridzwan17

@niasuciyanti “Lokasi persis pinggir jalan. Agak susah mencarinya karena jalannya kecil dan tidak tersedia petunjuk yang jelas. Tempatnya adem, bikin rileks. Tiket masuk cukup lima ribu rupiah. Penjaga tiket biasanya juga menawari mendoan, tapi tidak gratis ya”.

@EnjyMouri “Pemandangannya bagus, hanya ya cuma grojogan air, lebih mirip taman sih sebenarnya. Kalau di kelola atau diperluas lagi area wisatanya akan lebih bagus, ditanami pohon di pinggirannya biar adem kalau siang-siang. Kesini baiknya pagi atau sore, biar gak silau matahari menyengat”.

Alamat: Dusun II, Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kab. Banyumas, Prov. Jawa Tengah.

7. Curug Gomblang

Curug Gomblang, Banyumas Jawa Tengah
Photo by @khuwarizmy

@DeniceFrank “Tempat ini epik banget. Terletak dekat Baturaden. Waktu itu saya kesini, airnya sangat banyak. Indah banget pokoknya. Kalau mau ke air terjunnya, harus jalan ke bawah. Nanti ada jalannya. Untuk biaya masuknya juga cukup terjangkau. Ada parkiran mobil dan motor di atas. Ada warung juga, jadi ga perlu kawatir kalau kelaparan. Pokoknya rekomend banget buat tempat ini”.

@normalika “Air terjun terbesar di purwokerto yang pernah saya datangi. Parjalanan yang menyenangkan, rutenya naik turun dan berkelok kelok. Sangat khas suasana pegunungan sebelumnya kita jalan kira-kira 3 km dari area parkir. Tangga turun lumayan juga. Sampai di lokasi kamu bisa selfie dan mandi sekalian airnya benar-benar jernih. Untuk tiket masuk hanya Rp.10.00 aja per orang. Pulang dari curug bisa mampir ngopi dulu sambil makan mendoan anget. hmmm ajipp”.

Alamat: Dusun III, Kalisalak, Kedungbanteng, Kab Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Itulah ke-7 Curug di Baturaden, Purwokerto yang menawarkan keindahan alami begitu menyegarkan. Semoga informasi diatas dapat menambah referensi tempat liburan yang cocok untuk Anda. Terimakasih

Lihat juga: Tempat Wisata di Cilacap | Tempat Wisata di Purbalingga |

Adblock test (Why?)

Related posts