7 Cara Sederhana Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Minimalis

Cara Sederhana Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Minimalis
Sumber: pexels.com/@wdnet

Membuat suasana rumah menjadi nyaman dan rapi menjadi tujuan hampir semua pemilik rumah. Namun, ada satu bagian dalam rumah yang terkadang cukup sulit untuk ditata agar menjadi lebih rapi. Iya benar, bagian dapur pada rumah untuk sebagian orang ternyata dirasa cukup sulit untuk diatur, apalagi dengan ukuran ruangan yang tidak luas.

Membuat dapur terlihat lebih rapi dan minimalis sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Dengan melakukan sedikit modifikasi akan cukup untuk membuat dapur menjadi jauh lebih rapi bahkan bisa terlihat estetik dengan pemilihan dan pengaturan yang tepat. Agar lebih mudah untuk melakukannya, kami telah merangkum beberapa cara sederhana untuk menata dapur agar terlihat lebih rapi dan minimalis yang dapat Anda simak sebagai berikut.

Read More

1. Mencari Referensi Desain Dapur yang Sesuai

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menata dapur agar terlihat lebih minimalis adalah dengan mencari referensi atau inspirasi terlebih dahulu. Biasanya saat ingin menata ruangan khususnya dapur, hal yang sering menyulitkan adalah tidak adanya gambaran tentang dapur seperti apa yang sebenarnya diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini banyak sekali tersedia gambaran mengenai desain dapur minimalis yang dapat Anda temukan di internet. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling estetik dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Setelah mendapatkan gambaran mengenai desain dapur yang diinginkan, berikutnya Anda dapat mulai mengatur dan menata dapur sesuai dengan referensi tersebut.

2. Memindahkan atau Membuang Barang yang Tidak Penting

Setelah mengetahui desain dapur yang diinginkan, berikutnya Anda perlu menyortir setiap peralatan yang ada di dapur. Anda dapat memindahkan atau membuang barang yang sebenarnya tidak diperlukan keberadaannya di dapur. Saat menyortir barang, usahakan untuk benar-benar meninggalkan barang yang efisien dan penting saja dan simpan atau donasikan barang yang tidak perlu.

Agar lebih efektif, sebaiknya Anda mulai dengan membuat daftar barang yang selalu digunakan dan barang yang jarang digunakan. Kemudian, barang yang jarang digunakan tersebut dapat ditimbang kembali apakah perlu untuk disingkirkan atau hanya perlu untuk disimpan.

3. Jangan Tumpuk Peralatan di Satu Tempat

Salah satu hal yang membuat dapur terlihat sempit dan berantakan adalah adanya peralatan yang terlihat menumpuk di satu tempat yang biasanya berada di bagian sudut meja dapur. Agar terlihat lebih rapi, sebaiknya Anda memulai untuk mengatur barang sesuai dengan ukurannya dan fungsinya. Beri juga jarak antar peralatan agar tidak terlihat saling menumpuk.

Sebagai contoh, Anda bisa meletakkan peralatan makan atau peralatan dapur yang kecil seperti sendok, pisau, saringan dan semacamnya di dalam lemari atau laci dapur. Itu akan membuat dapur Anda terlihat jauh lebih lega. Untuk barang yang lebih besar, Anda bisa mengatur tempat khusus untuk meletakkannya. Contohnya, letakkan microwave di bagian sudut atau pada salah satu rak di kabinet terbuka.

4. Mengecat Tembok Dapur dengan Warna Netral

Untuk memperkuat nuansa dapur agar terlihat tidak sempit, Anda perlu melakukan penyesuaian dengan warna tembok dapur. Dengan memilih warna yang tepat dapur tidak hanya akan terlihat lebih indah, tetapi juga dapat terkesan lebih luas dan teratur. Akan tetapi, memang harus berhati-hati saat memilih perpaduan warna karena dengan paduan yang slah dapur malah bisa terlihat makin sempit dan suram.

Secara umum, warna yang sesuai agar dapur terlihat lebih luas dan rapi adalah warna monokrom seperti putih atau abu-abu. Anda juga dapat memilih warna yang tenang seperti warna pastel atau warna-warna alam. Supaya lebih mudah, Anda dapat mencari ide kombinasi warna yang tepat di internet sebelum memutuskan untuk mengganti warna cat tembok dapur Anda.

5. Pastikan Dapur Selalu Mendapat Cahaya

Tidak hanya menggunakan warna yang cerah dan netral, intensitas cahaya pada dapur juga perlu menjadi perhatian saat ingin membuat dapur terlihat lebih luas daripada yang seharusnya. Dengan pencahayaan yang kurang, sebuah ruangan dapat terlihat lebih sempit, apalagi dapur yang memiliki banyak rak dan barang.

Pastikan juga dapur memiliki jendela dan ventilasi yang cukup agar cahaya matahari dapat masuk ke dapur. Kemudian, perhatikan juga mengenai tata letak jendela agar sesuai dengan arah matahari. Lebih baik untuk menempatkan jendela pada bagian timur dan barat dapur. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan jendela atau sunroof pada bagian atas dapur agar cahaya matahari yang masuk lebih banyak.

Agar dapur juga terlihat terang pada malam hari, Anda juga perlu memerhatikan jenis dan penempatan lampu pada dapur. Saat ini ada beberapa desain dapur yang menggunakan lampu sorot atau lampu neon sebagai sumber cahaya. Akan tetapi, untuk penggunaan lampu bisa disesuaikan untuk secukupnya saja agar pengeluaran listrik tidak terlalu besar.

6. Gunakan Kabinet yang Tinggi

Cara Sederhana Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Minimalis
Sumber: pexels.com/@markmccammon

Menempatkan kabinet atau lemari penyimpanan di dapur akan sangat membantu untuk menaruh dan menyimpan peralatan agar terlihat lebih rapi. Menggunakan kabinet yang tinggi secara otomatis juga akan menambah ruang penyimpanan sehingga Anda dapat menempatkan barang lebih banyak di kabinet.

Pilihlah kabinet yang memiliki bagian depan yang rata atau bahkan kaca agar dapur terlihat lebih elegan dan luas. Menggunakan kabinet terbuka juga dapat menjadi pilihan, tetapi dengan menggunakan kabinet terbuka Anda harus selalu memastikan untuk barang-barang yang disimpan selalu terlihat rapi dan teratur. Namun, perhatikan juga material kabinet agar tidak terlalu berat dan jangan simpan terlalu banyak barang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Gunakan Peralatan Multifungsi

Mengurangi jumlah peralatan yang di dapur akan sangat membantu dapur Anda terhindar dari barang-barang yang menumpuk. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menggunakan peralatan multifungsi sehingga barang yang disimpan juga tidak terlalu banyak. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan fungsi gantungan pada kabinet untuk menambah ruang. Atau, Anda bisa memilih oven yang sekaligus dapat digunakan sebagai kompor.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan saat menata dapur agar terlihat rapi dan minimalis. Semoga dengan informasi yang diberikan Anda tidak lagi mengalami kebingungan dan dapat membuat dapur impian yang nyaman dan terlihat rapi.

Adblock test (Why?)

Related posts