10 Plafon Ruang Tamu Minimalis Model Terbaru Desain Elegan, Sederhana & Mewah

Plafon ruang tamu merupakan bagian penting dalam finishing desain interior sebuah rumah. Suasana ruang tamu harus terlihat elegan bahkan mewah lantaran sebagai tempat singgah orang yang berkunjung. Selain untuk menutup atap rumah supaya lebih rapi, model plafon perlu diperhatikan agar menampilkan kesan minimalis yang sederhana.

Plafon minimalis ruang tamu membantu menghasilkan sentuhan berbeda pada ruangan. Ukuran ruang tamu kecil hingga ruangan luas akan dipercantik dengan hadirnya dekorasi atap berupa model plafon terbaru

Read More

Sebagai pemilik rumah, kebanyakan orang pasti akan memprioritaskan model plafon ruang tamu. Penataan desain dilakukan sedemikian rupa agar memperoleh hasil ruang tamu yang indah dan menawan.

Dibawah ini kami sajikan rekomendasi berupa 10 model plafon yang dapat diterapkan sebagai model desain ruang tamu, sebagai berikut.

1. Plafon Minimalis Ruang Tamu

Plafon Ruang Tamu
Source: https://id.pinterest.com/

Berbagai macam model plafon ditawarkan untuk membuat ruang tamu Anda menjadi aesthetic. Plafon ruang tamu minimalis didominasi warna putih sehingga menghidupkan ruangan.

Umumnya, plafon minimalis kerap dianggap kaku jika ditempatkan pada ruang tamu. Tetapi tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan kreativitas sehingga dapat menyulap tampilan ruang tamu jadi mewah.

Agar ruang tamu jadi semakin ramai, gunakan aksesoris dengan beragam warna dan model. Pemakaian karpet berpola garis-garis hitam putih memberikan suasana ruangan jadi terekspos.

Plafon gypsum putih cerah dipadukan dengan tirai pink soft menunjukan nuansa kalem yang adem. Suasana semakin sejuk karena disebelah ruang tamu terdapat taman yang dibatasi oleh pintu.

Ruang tamu yang sudah terang akan bertambah terang lagi jika ada sinar matahari masuk melalui celah pintu dan jendela. Hal ini menyebabkan pencahayaan ruang semakin optimal.

Desain lampu hias tergantung pada plafon mampu melengkapi kesan mewah yang super kekinian. Ditambahkan sarung bantal warna merah dan kuning, cermin, lukisan hijau, sofa abu bikin suasana rame dan betah.

2. Plafon Ruang Tamu Elegan

plafon ruang tamu elegan
Sumber: https://chidoplus.com/

Ruang tamu terasa semakin elegan jika desain pada plafon dibuat bertumpuk / bertingkat seperti gambar diatas. Tampilannya bahkan lebih mewah jika disertai tambahan lampu warna putih senada dengan cat plafon.

Hadirnya material kayu tak bisa dipungkiri banyak diminati sebagian besar pemilik rumah. Model plafon kayu tampak lebih serasi dengan adanya kipas angin ditengah atap.

Bahan kayu tidak hanya pada plafon tetapi juga dapat diaplikasikan untuk furnitur pendukung seperti meja tamu, kursi, lemari dan lain-lain. Anda bisa mencari jenis lampu plafon berukuran besar dan mempunyai ornamen rumit agar ruang tamu lebih megah. Lalu gunakan sofa empuk untuk menciptakan ruang duduk yang santai dan nyaman.

Ruang tamu minimalis sederhana sekaligus mewah sangat cocok digunakan masa kini. Berbagai macam model terbaru selalu dikeluarkan sehingga dengan mudah Anda dapat memilih desain sesuai keinginan.

Selain untuk kenyamanan sendiri, dekorasi plafon pada ruang tamu di rancang lebih unik agar menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang ke rumah.

Lihat juga Pilihan: Warna Cat Plafon yang Bagus

3. Plafon Ruang Tamu Mewah

plafon ruang tamu mewah
Gambar: https://indonesian.alibaba.com/

Gaya interior ruang tamu minimalis merupakan salah satu desain favorit terutama dalam urusan plafon. Beragam model plafon patut dijajal untuk mendesain ruang tamu Anda terasa nyaman dan estetik.

Bagian plafon sering kali terabaikan, padahal menata rapi plafon punya efek tinggi bagi tampilan. Model plafon datar konvensional adalah model paling umum digunakan sejak dulu.

Tak terpaku pada fungsi sebagai pelindung atap, plafon di bagian ruang tamu juga difungsikan buat hiasan. Baik hiasan dinding semacam lukisan atau pajangan lain.

Penggunaan lampu plafon ruang tamu yang kece bakal bikin hunian Anda tambah modern aesthetic. Lampu berbentuk lingkaran bersusun memperlihatkan ruang tamu sangat mewah.

Pengaplikasian cat tembok mengkilap membuat cahaya lampu terpantul dengan jelas. Ditambah lagi cahaya dari luar ruangan menjadikan kondisi terang benderang.

Kesan hangat tercipta dari sofa berwarna ungu kecoklatan yang hampir senada dengan warna tembok. Sehingga tema ini bisa digunakan untuk ruang tamu berukuran minimalis modern.

4. Plafon Ruang Tamu Minimalis

plafon minimalis ruang tamu
Src: https://www.indiamart.com/

Bukan hanya di bagian ruang tamu, langit-langit rumah merupakan area yang sangat sering dipandangi mata. Maka dari itu model plafon menjadi unsur penting terciptanya keindahan atap. Mulai dari pemilihan warna, bentuk aksesoris, hingga model plafon keluaran terbaru sangat mempengaruhi hasil akhir ruangan.

Ruang tamu kecil dipadukan warna kuning cerah menyuguhkan pemandangan yang luas. Meski terbatas tempat namun tetap menunjukan kesan minimalis mewah.

Adanya penerangan dari variasi lampu yang menyilaukan membuat sentuhan gold terbaca. Di sisi lain ruangan yaitu terdapat meja berbahan dasar kayu bisa digunakan untuk meletakan buku, makanan dan minuman bahkan ngopi ketika bersantai.

Pemasangan plafon yang benar akan ikut serta melancarkan sirkulasi udara serta dapat meredam suara. Plafon yang dipakai juga dapat menutupi instalasi listrik berupa kabel- kabel melintang tidak beraturan diatas atap.

Rekomendasi Desain: Plafon Kamar Tidur Model Minimalis

5. Plafon Sederhana

plafon ruang tamu sederhana
https://www.lightstyleoftampabay.com/

Merancang desain ruang tamu adalah hal cukup membingungkan. Pasalnya, ruangan ini harus tampil cantik maksimal supaya lebih trendy. Model plafon ruang tamu minimalis sederhana biasanya mengaplikasikan warna putih. Karena sifatnya yang simpel tetapi elegan.

Warna netral lebih tepat jika dikombinasikan dengan perabot yang sedikit lebih ramai. Sebagai contoh, penggunaan karpet bulu dengan size besar, tungku perapian hingga penempatan beberapa rak buku.

Pantulan sinar mentari masuk dalam ruang tamu dapat memaksimalkan penerangan. Seperti tertera pada gambar, suasana ruangan semakin hidup dan hangat dibantu beberapa lampu plafon.

Tak hanya untuk ruang tamu, model plafon ini juga tampak keren buat ruang keluarga. Pemasangan plafon sebaiknya disesuaikan dengan tinggi rendahnya atap karena berpengaruh pada ruang sempit.

Selain menumbuhkan nilai estetika, plafon ruang tamu sederhana dapat Anda pilih sesuai jenis yang kiranya pas dengan bentuk arsitektur rumah.

6. Model Plafon Kombinasi

model plafon ruang tamu terbaru
https://www.gyproc.in/

Ruang tamu satu ini sangat terpandang artistik lantaran terdapat beragam varian bentuk dan motif. Mulai dari model plafon berbentuk lingkaran yang dipadukan dengan kerangka pola bunga. Kebanyakan menggunakan AC, namun inti dari plafon ini memasangkan kipas angin yang dikelilingi lampu kecil.

Tak perlu repot mengecat tembok, Anda bisa menerapkan wallpaper sebagai solusi. Pada satu sisi dipasang stiker dan sisi lain dibiarkan polos saja.

Munculnya sejumlah bingkai lukisan dengan warna maskulin menampilkan kesan ceria yang menyala. Di lain sisi, tempatkan televisi dibagian yang masih kosong.

Agar ruangan memiliki udara selalu bersih, pastikan untuk membuat ventilasi udara. Hal ini bertujuan mempermudah arus keluar masuknya udara secara bergantian. Jangan lupa tambahkan pengharum supaya bikin wangi ruang tamu.

Lihat Inspirasi: Desain Kamar Mandi Minimalis

7. Model Plafon Ruang Tamu 4×4

model plafon ruang tamu 4x4
https://www.houzz.com/

Semua orang tentu menginginkan tampilan menarik untuk rumahnya. Bukan hanya pada ruang tamu, tetapi dari teras depan hingga bagian belakang rumah.

Model plafon perlu dipertimbangkan matang-matang untuk hasil yang memuaskan. Ukuran ruang mungil tidak jadi kendala dalam membangun desain atap minimalis.

Plafon ruang tamu akan berkesan sederhana jika mampu menggabungkan warna, material dan tekstur. Ketepatan ini sangat berpengaruh terhadap suasana yang diciptakan.

Bisa kita lihat pada gambar diatas bahwa menggunakan warna soft atau kalem memancarkan kesan hangat namun sangat elegan. Dengan ukuran 4×4 meter, ruang tamu bisa diisi dengan sofa model panjang agar tampak estetis.

Pasangkan gorden yang sesuai dengan warna sofa agar tampil selaras. Jika ingin meminimalisir cahaya, maka Anda bisa gunakan lampu gantung dan lampu meja. Anda pun bisa mengaplikasikan kelambu tirai sebagai penghalang agar cahaya tidak langsung masuk.

8. Desain Plafon Berlapis

model plafon ruang tamu
https://www.justdial.com/

Bagi pemilik rumah yang ingin konsep mewah pada ruang tamu, desain ini cocok buat Anda. Ruangan yang dibalut warna putih menampakkan sensasi mewah tiada tandingan.

Dengan dua lapis plafon membuat sinar lampu led tidak langsung sampai ke bawah. Namun ruang tamu akan tetap terang karena terbantu oleh warna putih.

Perpaduan senada dari cat plafon, warna sofa sampai warna keramik lantai terlihat sangat kompak. Begitu pula dari motif pohon berbunga pada dinding menjadikan tampilan jadi menarik.

Bagi pecinta art atau seni rupa dapat menambahkan lukisan berbasis 3 dimensi supaya membantu menghidupkan ruang. Tak cuma karya yang dipajang, tanaman hidup pun bisa Anda aplikasikan.

Ide Menakjubkan Kombinasi: Cat Kamar Tidur 2 Warna

9. Desain Plafon Klasik Modern

plafon pvc ruang tamu
https://homedy.com/

Nuansa klasik tak berati kuno. Di zaman modern, banyak orang mengubah gaya klasik sekaligus tampil modern yang menawan bahkan membuat orang kagum juga takjub melihatnya.

Lampu kristal menjadi pusat perhatian utama pada ruang tamu. Dengan model terbaru kekinian makin menghadirkan penampilan mewah.

Elemen kayu pada sofa dan lemari laci mengimbangi tampilan sehingga tidak terlalu mencolok. Keramik lantai bisa saja diganti menggunakan lantai vynil atau lapisan kayu agar terlihat minimalis.

Dengan jendela besar transparan, tamu bisa melihat suasana taman yang menyegarkan. Tidak hanya sejuk, namun bisa mengurangi pikiran berlebihan.

Desain plafon dengan tema klasik biasanya disukai orang tua bahkan penggemar seni yang mengutamakan nilai aesthetic.

10. Desain Plafon Modern Dilengkapi Lampu

lampu plafon ruang tamu
https://www.esppainting.com/

Mengkreasikan model plafon ruang tamu tentu membutuhkan ide cemerlang. Memilih desain, warna dan bentuknya pun tidak sembarangan.

Desain plafon ruang tamu model terbaru lainnya yaitu menggunakan bahan keramik, kaca, logam dan bahan mengkilap lain. Material reflektif ini terlihat lebih stylish karena bisa memantulkan cahaya lampu dan sinar matahari yang masuk melalui celah jendela.

Model plafon kombinasi antara garis lengkung disertai pola lingkaran menyajikan kesan mewah yang elegan pula. Sentuhan aksen bernuansa hijau hadir dari tanaman hias yang membuat suasana lebih asri.

Untuk menambah keunikan di area sekitar, Anda bisa memanfaatkan lampu led di ruang tamu. Usahakan agar Anda bisa menunjuk warna lampu sesuai konsep dekorasi.

Letakan lampu tersebut secara berjejer mengikuti garis melengkung yang ada. Pusatkan satu lampu gantung pada centre lingkaran agar lengkap.

Keramik dinding glossy dapat memantulkan pancaran cahaya lampu dengan sempurna. Bisa juga membuka jendela untuk mendapatkan cuaca terang alami.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai model plafon ruang tamu minimalis sederhana untuk dijadikan referensi. Sudahkan Anda menemukan desain plafon yang menarik? Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu ya!

Lihat Juga: Model Kitchen Set Minimalis

Adblock test (Why?)

Related posts